Sabtu, 29 Juni 2013

Artikel Tentang Motivasi Nasional : Indonesia Membutuhkan Para Pemuda

https://kontak.ugm.ac.id/images/foto/C4649582025F06D2.jpg

Halo Entrepreneurs!
Berbicara tentang Pemuda, kita langsung terbayang orang-orang yang sedang produktif-produktifnya, masih segar, cerdas, bertenaga dan gagah. Pemuda adalah  generasi penerus sebuah bangsa, kader bangsa, kader masyarakat dan kader keluarga. Pemuda selalu diidentikan dengan perubahan akan kemajuan.

Bahkan bila kita melihat sejarah ke belakang, Indonesia merdeka berkat peran penting dari para pemudanya dikala itu. Ir. Sukarno, Moh. Hatta, Sutan Syahrir, Bung Tomo dan lain-lain dengan penuh semangat berjuang ketika mereka adalah seorang pemuda.

Soekarno bahkan mengatakan, "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia". Tapi kini, "Berikan aku 7 orang pemuda, ayo kita bikin boyband!". Hehehe.

Yaa itulah gambaran peran pemuda di jaman sekarang. Kalau kita lebih memperhatikan, ternyata rasa nasionalisme sudah mulai menghilang di hati para pemuda bangsa saat ini. Padahal, saat ini Indonesia membutuhkan para pemudanya.

Bukankah masa depan suatu bangsa dilihat dari pemudanya saat ini? Pertanyaannya apa yang sudah kita lakukan untuk bangsa saat ini? Lebih banyak memanfaatkan kekayaan alam amanah dari Allah yang ada di bumi pertiwi ini atau justru sebaliknya malah merusaknya?
 

Para pengusaha sukses Amerika, Jepang, Korea, Eropa yang produknya sudah menyebar ke seluruh dunia dan bisa kita nikmati saat ini, ternyata kebanyakan memulai usahanya dari sejak mereka masih pemuda. Kini kontribusi yang mereka berikan untuk negaranya sangat besar. Negaranya mampu menjadi negara negara yang maju. Lalu bagaimanakah dengan kita?

Kini Bangsa Indonesia sedang terpuruk secara ekonomi. Utang Indonesia yang membengkak membuat negeri ini diperlakukan secara seenaknya oleh negara-negara adidaya. Para orangtua sibuk korupsi, yang mudanya kita tau sendiri. Mari kita tingkatkan perekonomian Indonesia dengan terus menambah jumlah pengusaha di Indonesia. Alam yang melimpah ruah ini harus bisa kita manfaatkan. Jangan sampai anak cucu kita hidup di negara yang miskin ekonomi dan miskin sumber daya alam karena sudah diambil oleh bangsa lain.

Bangkit para pemuda, bangkitlah Indonesiaku!


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official
Mengundang sebagai pembicara: 0812 1040 2448 (SMS ONLINE)
Pre Order Buku The EMK: kautsarmanagement@yahoo.com 
(Subject: PO Buku The EMK ; Tuliskan nama & No. Telp)

Jumat, 28 Juni 2013

Artikel Motivasi : Temukan Passion Sebelum Action!


Passion adalah gairah. Passion adalah suatu energi yang membuat kita selalu bersemangat ketika kita melakukan suatu hal yang sesuai dengan passion kita. Passion adalah sesuatu yang membuat kita tidak pernah bosen untuk melakukannya. Passion adalah dimana kita akan mengorbankan segala hal untuk mencapai keinginan kita.

Pasion bisa diartikan sebuah perasaan atau emosi terhadap suatu hal yang membuat seseorang sangat berantusias ketika melakukannya. Passion adalah Ruh dan jiwa yang melingkupi kita dalam melakukan sesuatu dengan ikhlas dan suka rela.

Seringkali kita melihat seseorang melakukan sesuatu dengan senang, bergembira dan bersemangat bahkan sampai tidak peduli terhadap keadaan disekitarnya. Mereka mengerjakan dengan fokus dan enjoy bahkan dari siang hingga malam. Energy yang dikeluarkan begitu kuat sehingga hasilnya dari pekerjaannyapun  luar biasa. Sehingga lambat laun orang tersebut menjadi ahli dan profesional di pekerjaan tersebut.

Di sisi lain, kita melihat seseorang melakukan  sesuatu dengan biasa saja secara rutin. Mereka melakukan pekerjaan seperti robot, kapan tombol mulai dan kapan tombol berhenti. Tidak terlalu bersemangat, tidak terlihat rasa senang dan gembira atas pekerjaanyang mereka lakukan. Mereka melakukannya hanya karena kewajiban yang mengharuskan dia melakukannya. Hasil dari pekerjaannya tersebut tidak ada yang luar biasa spektakuler.  Akhirnya, dari bulan ke bulan, bahkan tahun ke tahun tidak ada perkembangan atas diri orang tersebut, baik dari aspek karier maupun keuangan.

Apa yang membuat keduanya berbeda? Ternyata yang mempengarui seseorang dalam melakukan sesuatu itu adalah passion.

Ketika anda merasa bosan dalam melakukan rutinitas anda, bisa jadi itu karena anda menjalani hidup anda tanpa ada passion didalamnya. Bahkan kalau kita sudah menemukan passion, artinya anda sudah selangkah lebih sukses. Karena anda sudah sukses mengenali diri anda sendiri.

Pertanyaannya, bagaimana cara kita menemukan passion?
1. Ketika anda merasa mudah melakukan sesuatu yang dirasa sulit oleh orang lain, maka itulah passion anda.
2. Ketika kita melakukan suatu hal dan kita menikmatinya, itu adalah passion anda.
3. Ketika kita melakukan sesuatu, menikmatinya, bahkan lupa makan dan lupa waktu ketika mengerjakannya, itulah passion anda.

Passion tidak selalu bakat kita. Ada banyak orang yang tidak memiliki bakat A, tapi bisa sukses karena passionnya adalah A. Contohnya, saya sendiri. Saya bukanlah orang yang memiliki bakat pembicara. Dari dulu saya orangnya pemalu, kalau bicara depan umum, biasanya garing, tidak berani tampil, ah pokoknya benar-benar tidak memiliki bakat untuk menjadi seorang pembicara. Tapi lambat laun, saya menemukan bahwa ternyata passion saya adalah menjadi seorang pembicara. Sampai akhirnya, saya kemudian mulai berlatih secara otodidak dan ternyata saya benar-benar menikmatinya. Kapanpun saya berada pada suatu forum, saya selalu ingin berbicara. Kapanpun saya diminta menjadi seorang pembicara, saya selalu bersemangat. Akhirnya saya terus semangat berlatih dan alhamdulillah bisa dititik seperti ini.

Saya percaya bahwa sehebat-hebatnya bakat, kalau tidak pernah diasah, maka akan tetap tumpul. Tapi sekalipun kita tidak memiliki bakat, tapi selalu kita asah, maka akan bisa sangat tajam dan hebat.

Begitu juga halnya dalam berbisnis dan berkarier, jalankan bisnis kita sesuai dengan passion kita. Kalau kita senang makan, buatlah restoran. Senang menjadi dokter, buatlah klinik atau rumah sakit. Senang membaca, menulislah menjadi writerpreneur. Senang memelihara hewan, beternaklah. Senang mengajar, buatlah sebuah bimbingan belajar. Karena apapun passion kita, pasti bisa kita jadikan usaha atau bisnis.

Saya senang menjadi pembicara, oleh karena itu saya membuat management Seminar dan Training.
Saya senang membaca, itu kenapa saya menulis buku.
Saya senang berbisnis, berbahasa inggris dan makan, itu kenapa saya membangun English Club (SEC) dan Restoran (Kautsar Dimsum)
Ini passionku, apa passionmu?

Segera Temukan Passion sebelum Action!
Semoga sukses.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official
Mengundang sebagai pembicara: 0812 1040 2448 (SMS ONLINE)
Pre Order Buku The EMK: kautsarmanagement@yahoo.com 
(Subject: PO Buku The EMK ; Tuliskan nama & No. Telp)

Artikel Motivasi Bisnis dan Entrepreneurship : Berbisnis itu Butuh Modal

Business Coaching

Halo Entrepreneurs!

Sekarang kita berada di jaman Entrepreneur, dimana orang - orang yang akan memiliki kedudukan tinggi dan menjalani kehidupan yang maksimal adalah para Entrepreneur atau Pengusaha. Bahkan para aktor/aktris, dokter, ilmuwan bahkan para atlet bisa jadi takkan pernah bisa sukses atau menjalani kariernya tanpa ada peran Entrepreneur. Begitu juga negara dan segala aspek yang ada di dalamnya, Entrepreneur akan sangat berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sebuah negara. Transportasi, pertambangan, air bersih, fasilitas umum, pajak yang menjadi pendapatan negara, tempat hiburan dan berbagai macam hal lainnya sangat-sangat membutuhkan peran Entrepreneur. Itu karena hari ini kita hidup pada jaman yang dinamakan "Entrepreneur Era".

Berbicara tentang Entrepreneur, kebanyakan orang bingung mau memulai dari mana atau bagaimana cara memulainya. Ketika saya masih sekolah SMP sampai SMA, setiap kali melewati gedung-gedung tinggi di jalanan, saya selalu berpikir, bagaimana caranya agar saya bisa memiliki gedung-gedung itu? Bagaimana para pemilik gedung itu memulai usahanya sampai akhirnya mereka memiliki bangunan-bangunan pencakar langit itu? Menarik bukan, mari kita simak baik-baik.

Untuk memulai karier, baik dalam berwirausaha atau apapun itu tentu kita harus menemukan sebuah hal yang dinamakan passion. Tapi pada tulisan kali ini saya tidak ingin membahasnya. Oleh karena itu, hal lain yang sering kali dijadikan alasan atau rintangan awal bagi para calon pengusaha adalah... "Aduh saya gak punya modal..!" atau "Modalnya dari mana ya? Saya kan belum punya apa-apa.."

Berbicara tentang modal, saya sangat setuju bahwa berbisnis atau menjadi entrepreneur itu membutuhkan modal. Sekali lagi, bisnis itu membutuhkan modal. Tapi, modal itu tidak selalu berbentuk uang. Memang ujung-ujungnya akan balik lagi ke uang, tapi uang bisa kita dapatkan dengan moda yang memang sudah kita miliki sebelumnya. Karena sebetulnya, Allah sudah memberikan kita modal yang luar biasa. Apa modalnya? Modalnya adalah akal atau pikiran yang membuat manusia jauh lebih tinggi derajatnya dibandingkan makhluk Allah yang lainnya.

Dengan kita memiliki akal, maka kita akan mampu menguasai berbagai skill dan kemampuan dengan mempelajarinya bahkan bisa menjadi seorang ahli. Nah keahlian itulah yang kita gunakan untuk bisa mendapatkan modal yang lainnya, bisa uang, relasi, ilmu dan pengalaman. Baru ketika kita sdah mendapatkan modal tersebut, kita bisa meningkatkan taraf bisnis kita ke level yang lebih tinggi.

Misalnya, beberapa usaha yang saya miliki sekarang tidak langsung saya bangun dengan modal uang. Saya mengawali dengan modal skill. Caranya waktu itu saya memiliki sedikit pengetahuan tentang Training. Maka saya mencoba menjadi pembicara atau motivator. Lambat laun orang-orang yang mengundang saya mau memberikan tips sampai akhirnya dibayar secara profesional. Nah uang tersebut tidak langsung saya konsumsi, tapi coba diputarkan dalam bisnis yang lain, sehingga menjadi modal berdirinya bisnis yang lainnya. Begitu juga dengan usaha-usaha saya yang lainnya.

Jadi, berbisnis itu pasti membutuhkan modal. Modal terbesar yang diberikan Allah adalah diri kita sendiri.
Saya bisa, bagaimana dengan anda?!

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official
Mengundang sebagai pembicara: 0812 1040 2448 (SMS ONLINE)
Pre Order Buku The EMK: kautsarmanagement@yahoo.com 
(Subject: PO Buku The EMK ; Tuliskan nama & No. Telp)

Kamis, 27 Juni 2013

Training, Seminar & Talkshow Bersama Motivator Muda Edvan M Kautsar

Sahabatku semuanya, Kautsar Management adalah sebuah Management yang membawahi beberapa usaha. Salah satunya dibidang Training dan Seminar. Berikut adalah Seminar, Training dan Talkshow yang dipersembahkan oleh Kautsar Management.
 
Seminar bersama Edvan Muhammad Kautsar
Modul Seminar:
-  Pentingnya memiliki impian besar
-  Temukan passion sebelum action!
-  Jadilah Entrepreneur / Pengusaha
-  Trik marketing untuk melejitkan usaha anda
-  Bagaimana cara mendidik buah hati
-  Sukses bisnis sukses pendidikan
-  Rahasia Meaning Happiness
-  Menjadi pribadi mulia seperti Nabi Muhammad Saw
-  Siapkan mental menghadapi Ujian Nasional / Ujian Sekolah
-  Semangat belajar, sukses meraih cita – cita
-  How to be a great leader
-  Bisa juga menyesuaikan dengan kebutuhan klien
-  Service Excellence

Talkshow bersama Edvan Muhammad Kautsar
Bedah Buku | Tema dan Materi menyesuaikan permintaan anda


Kami juga siap diundang untuk mengisi acara-acara anda di Bulan Ramadhan.
 
Berikut beberapa file dokumentasi yang bisa saya share melalui blog ini.


motivator termuda asia, seminar, universitas indonesia, ui, motivator terbaik indonesia
Seminar Foksi Universitas Indonesia

pembicara entrepreneur, wirausaha, bisnis, training seminar, motivasi, motivator terbaik, motivator termuda
 Seminar Motivasi BSI Cengkareng


training seminar, motivasi, motivator terbaik, motivator termuda, bedah buku, motivator indonesia
Islamic Fair - Fakultas Ekonomi UIN Jakarta


training seminar, motivasi, motivator terbaik, motivator termuda, bedah buku, motivator muda
 Preview Training at GICI Bussiness School Batam


motivasi, motivator terbaik, motivator termuda, motivator nasional, motivator muda
Radio Show TV One


 training seminar motivasi, motivator muda, motivator terbaik, motivator mahasiswa, motivator entrepreneur, seminar entrepreneurship
Seminar Be Your Own Hero Universitas Indonesia

training seminar motivasi, motivator muda, motivator terbaik, motivator mahasiswa, motivator entrepreneur, seminar entrepreneurship
Seminar Bisnis ala Rasulullah - PPM Management

training seminar motivasi, motivator muda, motivator terbaik, motivator mahasiswa, motivator entrepreneur, seminar entrepreneurship
Seminar Find ur Passion - ADM Universitas Indonesia


Seminar Kewirausahaan Mandiri GKN Kementrian Wirausaha - Batam

Seminar Kewirausahaan Membangun Kepribadian Bangsa di Masjid Fathullah UIN Jakarta

Seminar Mahasiswi Baru Akbid Kartika Mitra Husada

training seminar motivasi, motivator muda, motivator terbaik, motivator mahasiswa, motivator entrepreneur, seminar entrepreneurship
Seminar Nasional Kewirausahaan Unnes Semarang

Seminar Pengusaha Putih - Abu (B-Mind Bandung)

Seminar Universitas Pendidikan Indonesia - Bandung


Seminar SMK Multimedia Nusantara - Buperta Cibubur

Seminar Pengusaha Putih - Abu (SMA Darul Hikam-B.Mind Bandung)

Seminar PUMA - Nurul Islam Batam

training seminar motivasi, motivator muda, motivator terbaik, motivator mahasiswa, motivator entrepreneur, seminar entrepreneurship
The EMK Training

Stadium General Fakultas Dakwah & Komunikasi - Universitas Islam Negeri Jakarta

SMK Yadika Bekasi

pembicara entrepreneur, wirausaha, bisnis, motivator, pengusaha muda, seminar, training, motivasitraining seminar motivasi, motivator muda, motivator terbaik, motivator mahasiswa, motivator entrepreneur, seminar entrepreneurship
Universitas Indonesia
Saya akan sangat senang sekali bila bisa berbagi dan berjumpa langsung di acara anda.
Sampai jumpa di Seminar, Talkshow dan Training terdekat ya.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official
Mengundang sebagai pembicara: 0812 1040 2448 (SMS ONLINE)
Pre Order Buku The EMK: kautsarmanagement@yahoo.com 
(Subject: PO Buku The EMK ; Tuliskan nama & No. Telp)

Rabu, 26 Juni 2013

Artikel Tentang Motivasi : Ujian & Masalah Hidup adalah Kasih SayangNya


Sebagai manusia, pasti kita selalu merasakan masalah atau ujian dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang tidak pernah merasakan ujian hidup dariNya. Terkadang, masalah yang satu belum selesai, sudah muncul masalah yang lainnya. Terkadang orang sampai frustasi dibuatnya. Jangankan ABG, orangtua saja banyak yang mengakhiri hidupnya hanya karena merasa tidak sanggup lagi untuk menghadapi masalah dalam kehidupannya. Padahal itu bukanlah solusi, melainkan akan membuat masalah baru yang besar dan tidak ada ujungnya sampai di kehidupan akhirat.

Sahabatku, Tuhan tidak akan memberikan masalah kepada kita melebihi batas kemampuan yang kita miliki. Artinya, apapun masalahnya, pasti bisa kita selesaikan. Ketika saya masih SMA saya senang sekali bermain rubik cube. Waktu itu saya masih belum mampu menyelesaikan permainan tersebut. Baru saja menyelesaikan satu sisi, sisi yang lain malah makin hancur, sisi yang hancur itu sudah selesai, malah datang masalah baru, yakni sisi lainnya malah hancur lagi.


http://s3.amazonaws.com/materialicious2/images/diy-rubiks-cube-chest-of-drawers-m.jpg?1320251265

Sampai akhirnya saya mengetahui ternyata ada rumus formulanya yang mampu membuat kita bisa menyelesaikannya. Tadinya, untuk menyelesaikan permainan rubik, saya butuh waktu berhari-hari untuk menyelesaikannya, itupun belum tentu selesai. Namun setelah saya memahami rumus dan memainkan sesuai rumus tersebut, rubik 3x3 bisa saya selesaikan kurang dari 10 detik saja.

Saya menemukan sebuah kalimat ketika itu, "Hidup itu seperti memainkan rubik, ketika kita menyelesaikan satu sisi masalah, kita akan mendapatkan masalah dari sisi yang lainnya. Cara untuk membuat semua sisi terselesaikan adalah dengan menemukan rumus formulanya. Maka carilah rumusnya!"

Yes, begitulah kehidupan, masalah datang silih berganti, kita akan benar-benar bisa menyelesaikan masalah dan ujian tersebut hanya apabila kita menemukan dan menggunakan rumus formula kehidupan. Lalu apakah rumus formula kehidupan yang dapat membuat kita menyelesaikan masalah itu? Ada banyak rumus yang bisa membuat kita menyelesaikan rubik, begitu juga dengan masalah kehidupan. Salah satunya adalah dengan menemukan makna dan tujuan untuk apa sesungguhnya Allah memberikan masalah tersebut pada kita.

Sama halnya seperti seorang siswa yang diberikan ujian untuk kenaikan kelas, manusia diberikan ujian untuk dinaikkan derajatnya oleh Allah. Masalah adalah tanda cinta dan kasih sayang Allah kepada hambaNya. Semakin sering seseorang diberikan masalah, dia sedang Allah siapkan untuk menjadi seseorang yang hebat, di kelas yang tinggi karena terus dinaikan derajatnya oleh Allah, baik dihadapanNya atau dihadapan manusia.

Tahukah anda batuan apa yang harganya paling mahal dan diminati oleh semua orang? Benar, batuan itu bernama Berlian (Diamond). Berlian sangat mahal dan disukai oleh semua orang karena indah, cantik, menawan, mewah, kuat (bahkan diteliti sebagai batuan terkuat di dunia), sehingga harganya sangatlah mahal.

http://images.hostelworld.com/images/hostels/74723_1.jpg
Pertanyaannya, apakah berlian langsung sebening dan seindah gambar di atas ketika pertama kali ditemukan? Ternyata tidak. Berlian tak ubahnya seperti batuan biasa yang sering kita lihat di tanah atau di jalanan. Bahkan tidak akan menarik perhatian orang awam seperti kita. Hanya saja terlihat agak berbeda seperti batu kaca dan sangat berbeda dengan tampilan berlian setelah diproses.
 

Lalu bagaimanakah proses berlian yang baru saja ditemukan sampai akhirnya dijual mahal di masyarakat? Berlian merupakan mineral yang langka dan dihasilkan pada tekanan dan temperature yang sangat tinggi di kedalaman 90 - 140 kilometer di bawah permukaan bumi. Kemudian berlian diproses dengan cara dipanaskan, diberikan tekanan dan ditempa terus menerus sampai jadilah berlian itu sangat kuat, indah dan mahal harganya.

Begitu jugalah Allah kepada manusia, Allah memberikan tekanan, ujian, masalah kehidupan kepada manusia, agar manusia menjadi sangat kuat, indah dan mahal harganya baik dihadapan manusia atau dihadapan Allah. Jadilah berlian yang ketika ditempa dengan ujian dan masalah namun tak pernah menyerah dan selalu bangkit untuk meraih cita-cita. Memang akan sulit untuk menjadi berlian, itulah kenapa berlian sangat jarang dan sulit ditemukan. Sekalipun disimpan di tempat sampah, berlian tetaplah berlian. Maka jadilah manusia yang indah, kuat serta mahal dan selalu menjadi berlian yang bersinar dimanapun diri kita berada.

Allah tidak akan pernah menciptakan sesuatu untuk kesia-siaan. Segala ciptaanNya pasti ada maksud dan tujuannya. Begitu juga 'masalah & ujian' yang Dia ciptakan untuk kita selaku manusia. Pasti ada hikmah tersembunyi yang ingin Allah berikan kepada kita. Contohnya ketika kita sakit, mungkin kita merasa tidak nyaman dan menyakitkan. Padahal Allah sedang menggugurkan dosa-dosa kita. Karena Allah sayang kepada kita dan tidak menginginkan hidup dengan banyak dosa. Sehingga Dia gugurkan dosa-dosa kita dengan membuat diri kita sakit. Begitu sayangnya Allah kepada kita.

Sahabatku, mungkin awalnya ketika mendapat ujian / masalah, kita akan merasa sakit, sedih, bingung dan hal-hal lainnya. Padahal Allah sedang menyiapkan hadiah terindah dibalik ujian yang kita dapatkan. Sayangnya, kita seringkali tidak sabar dan terburu-buru mengeluh atau bahkan menyalahkan Allah atas musibah yang kita dapatkan. Padahal Allah sudah menyiapkan hadiah atau hikmah terindah dari masalah itu. Sehingga kita hanya bisa fokus akan hal-hal negatifnya tanpa dengan mendapatkan hal positif dan kebahagiaan yang diberikan oleh Allah sepaket dengan masalah tersebut. Jadi, bersyukur dan carilah hikmah dengan bersabar pada setiap masalah yang kita alami. 

Ketika kita berhasil menciptakan sesuatu, pasti kita ingin menjaganya baik-baik dan menyayangi hal itu. Begitu juga Allah, Dia sangat sayang kepada kita, tidak mungkin ingin mencelakakan ciptaanNya. Masalah, Ujian dan Musibah yang kita dapatkan, adalah yang terbaik dari Allah untuk menjadikan kita berlian dihadapanNya dan makhlukNya.

So, Lets Shine Bright Like a Diamond!

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official
Mengundang sebagai pembicara: 0812 1040 2448 (SMS ONLINE)
Pre Order Buku The EMK: kautsarmanagement@yahoo.com 
(Subject: PO Buku The EMK ; Tuliskan nama & No. Telp)

Senin, 24 Juni 2013

Artikel Motivasi : Kesuksesan Ditentukan oleh Diri Kita Sendiri

Berbisnis di usia muda bukanlah hal yang tidak mungkin. Selama ada kemauan dan kerja keras hal itu pasti bisa kita diwujudkan. Karena Entrepreneurship itu adalah suatu disiplin ilmu yang bisa kita pelajari dan kita sendiri akan bisa menjadi ahli dalam hal tersebut.

Banyak orang yang berkata, "Ah pantesan dia bisa sukses berbisnis sejak muda, orangtuanya saja pebisnis sukses. Kalau orangtua saya pebisnis sukses juga saya pasti bisa sukses sejak muda seperti dia."

Coba perhatikan kata-kata tersebut, bukankah banyak orang yang berkata pesimis seperti itu dan mempercayai bahwa kesuksesan dipengaruhi besar oleh genetika? Hehehe, semoga anda bukan salah satunya. Tapi, mari kita diskusikan bersama-sama.

Orang mengucapkan kalimat tersebut karena melihat serta 'membandingkan' dirinya dengan anak muda yang sukses dan beranggapan bahwa kesuksesannya ditentukan oleh sang ayah yang juga sukses. Sekarang mari ubah mindset kita. Jangan bandingkan kita dengan anak muda tersebut, tapi bandingkan dengan orang yang bisa sukses tanpa memiliki orangtua yang sukses. Lalu dengan siapa kita bandingkan diri kita? Orang yang paling dekat dengan cerita ini yang kita bisa bandingkan adalah dengan sang ayah dari anak muda tersebut.

Mulailah dengan mencari tahu, apakah kakek dari anak muda tersebut sukses juga? Jawabannya, belum tentu. Kalau ternyata sang kakek bukanlah orang yang sukses, maka ayah dari anak muda tersebut bisa sukses tanpa memiliki keturunan yang sukses. Maka bandingkanlah diri kita dengan ayah dari anak muda tersebut. Tapi kalau ternyata kakeknya sukses juga, sekarang mulailah cari tahu, apakah ayah dari sang kakek juga sukses? Kalau tidak, maka bandingkanlah kita dengan kakek dari anak muda tersebut, karena dia bisa sukses tanpa memiliki orang tua yang sukses. Terus cari karena pasti ada ujung dimana seseorang yang sukses ternyata tidak memiliki orang tua yang sukses.

Artinya, apakah kesuksesan membutuhkan genetika dari orangtua? No! Karena ternyata mayoritas orang-orang yang sukses di dunia ini tidak memiliki orang tua yang sukses (secara materi).

Sukses tidak ditentukan oleh siapa orangtua kita. Sukses juga tidak ditentukan oleh dimana kita bersekolah. Sukses tidak ditentukan oleh berapa usia kita. Sukses tidak ditentukan dari lingkungan kita. Tapi kesuksesan adalah karena diri kita sendiri. Lingkungan hanya sebagai pengantar atau jalan, namun tetap diri kita yang memilih dan menentukan.

Jadi mulai sekarang, buang jauh-jauh anggapan bahwa kita akan sulit untuk sukses. Katakanlah, "Tuhan aku yakin atas izin dan kehendakMU, aku bisa menjadi orang yang sukses". Karena Tuhan adalah sesuai dengan prasangka hambaNya. Dan satu hal lagi yang harus kita ingat, bahwa Tuhan tidak akan merubah diri anda, kalau anda sendiri tidak mau merubahnya. Artinya, kitalah yang menentukan pilihan sukses atau tidak dalam hidup.

Mari berwirausaha dan sukses sejak muda!

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official
Mengundang sebagai pembicara: 0812 1040 2448 (SMS ONLINE)
Pre Order Buku The EMK: kautsarmanagement@yahoo.com 
(Subject: PO Buku The EMK ; Tuliskan nama & No. Telp)

Motivator Termuda Indonesia Terdengar Hingga Negeri Jiran

pembicara entrepreneur, wirausaha, bisnis, motivator, pengusaha muda, seminar, training, motivasi

Sahabatku, tulisan ini saya repost dari Tabloid LPM Institute UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang terbit di bulan Maret 2013. Jurnalis yang menulis artikel ini adalah Nur Azizah. Berikut adalah artikelnya:

Selasa siang di Mesjid Elnusa kawasan TB. Simatupang Jakarta Selatan, terdengar suara jernih begitu menyejukan hati. Perasaan semakin larut seiring doa dan alunan musik yang serasi. Rambatan lirih yang menenangkan jiwa itu berasal dari pemuda asal Tasikmalaya, Edvan Muhammad Kautsar.

Suasana haru terlihat saat motivator mengakhiri seminar yang bertajuk Parenting dengan memanjatkan pujian untuk Sang Pencipta. Edvan, begitu panggilan akrabnya, adalah salah satu motivator muda yang ada di Indonesia.

Edvan memulai karier sejak 14 tahun. Tepat ketika Ia masih berseragam putih-biru. Berdiri dihadapan puluhan bahkan ratusan orang dengan berbagai karakter tidaklah mudah. Dengan terus berlatih dan berbicara, akhirnya ia bisa menjadi motivator berkualitas.

Akhirnya, kegigihan serta totalitas Edvan mulai membuahkan hasil. Ia diakui oleh beberapa lembaga sebagai Motivator Termuda se-ASIA karena memulai karier dari usia 14 tahun pada acara Entrepreneur Festival. Lelaki berusia 19 tahun ini mampu membuktikan kepada orang-orang disekitarnya bahwa dia mampu menjadi pembicara yang baik.

Tak hanya didengar oleh masyarakat Indonesia, perlahan suara bulatnya mulai meroket ke telinga masyarakat di negeri Jiran Malaysia dan Singapura. "Insya Allah lusa saya akan berangkat ke Dubai dan Madinah untuk menjadi pembicara di Dubai dan Madinah", ucapnya sembari tersenyum.

Selain menjadi Motivator, Edvan juga bergelut di bidang bisnis. Namun peruntungan lelaki berkulit putih ini tidak semanis gula jawa. Saat berusia 16 tahun, Edvan mencoba menggandeng Kang Teddy Snada dan Yustinus untuk berbisnis batu bara. Namun, tak lama usaha yang dilakukannya tidak berhasil.

Memasuki usia 17 tahun, Edvan kembali bangkit. Kali ini ia memulai bisnis pada bidang entertainer. Kesukaannya terhadap dunia keartisannya akhirnya membuat Duta HIV/AIDS Unicef Jawa Barat 2007 ini mendirikan Production House. Namun sayang usahanya kembali gagal.

Dalam berbisnis, Edvan dikenal nekat. Edvan bersama teman-temannya kembali membangun kembali sebuah holding perusahaan dengan modal nol rupiah. Ia yakin dengan modal yang diberikan oleh Tuhan, yakni anggota badan yang sempurna, dia bisa membangun perusahaan.

Pasang surut bisnis dan kehidupannya membuat Bussiness Coach Bens Radio ini semakin tertantang. "Dari kegagalan itu saya belajar. Bahwa manusia harus memiliki sifat tahan banting. Kalau gagal, coba lagi, gagal coba lagi, gagal coba lagi sampai akhirnya menemukan kesuksesannya", seru direktur muda ini setelah mengisi sebuah seminar.

Ingin Mengurangi Pengangguran
Sebuah negara dikatakan sebagai negara maju apabila minimal 2% dari keseluruhan warga negaranya adalah Entrepreneur. Hasil survey tahun 2012 mengatakan bahwa Indonesia hanya berada di titik 1,5%, itupun kebanyakan dari mereka adalah pengusaha mikro dan tidak terarah.

Indonesia saat ini membutuhkan 4,4 juta pengusaha untuk mencapai 2%. Untuk itu Edvan memiliki impian untuk bisa membangun 100 perusahaan diberbagai bidang di Indonesia yang cabangnya akan menyebar diseluruh Indonesia, hingga bisa menyerap tenaga kerja di negeri ini sehingga tidak ada lagi pengangguran, justru yang ada adalah para pendatang dari luar negeri yang mencari pekerjaan di negeri ini. Motivator dan Penulis ini memiliki tujuan hidup untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

Oleh karena itu, pemuda berwajah kharismatik ini mendirikan berbagai usaha. Hingga kini sudah hadir beberapa usaha yang dia bangun, diantaranya, Kautsar Dimsum, Advertising Official Digital Concept, Synergy English Conversation, Agent of KM, Training, Seminar dan sebagainya yang berada dibawah Kautsar Management.

"Saya berharap hadirnya Kautsar Management ini bisa bermanfaat bagi orang lain dan mengurangi pengangguran di negeri ini", harapnya optimis. Edvan memiliki visi untuk membangun perekonomian Indonesia untuk menjadi negara yang maju dengan memperbanak jumlah Entrepreneur dan Perusahaan di Negeri ini.

Biodata:
Nama: Edvan Muhammad Kautsar
TTL: Tasikmalaya, 02 Juni 1993
Aktivitas:
- Mahasiswa S1 Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
- Motivator untuk kelas umum dan in-house (Instansi, Korporasi, Kampus dan Sekolah)
- Entrepreneur (Owner Kautsar Management)
- Dosen Pendidikan Karakter
- Narasumber Radio & Televisi
- Penulis Buku The EMK
- Bussiness Coach BensRadio

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official
Mengundang sebagai pembicara: 0812 1040 2448 (SMS ONLINE)
Pre Order Buku The EMK: kautsarmanagement@yahoo.com 
(Subject: PO Buku The EMK ; Tuliskan nama & No. Telp)

Minggu, 23 Juni 2013

Buku The Experts Motivation Keys


Sahabatku semua, Alhamdulillah saya berkesempatan untuk menulis sebuah buku ditahun 2013 ini. Buku ini saya buat untuk menjadi sebuah bacaan yang dapat memotivasi anda untuk menjadi seseorang yang handal. Handal dalam berbisnis, handal dalam menjalani setiap ujian kehidupan, handal dalam menyikapi berbagai kegagalan dan handal dalam kehidupan sehari-hari.

Buku pertama ini saya berikan judul The Expert Motivation Keys yang disingkat menjadi The EMK. EMK ini juga tidak lain adalah kependekan dari nama saya, Edvan Muhammad Kautsar. Jadi judulnya The EMK dan penulisnya juga EMK. Makna dari judul buku saya adalah Kunci-kunci motivasi yang handal.

Berikut resensi dari buku The Expert Motivation Keys:
"Orang - orang sukses memiliki kunci untuk meraih kesuksesan mereka. Kunci itu menjadi sebuah motivasi yang akan memberikan energi penyemangat sehingga mereka menjadi orang-orang yang handal dan siap untuk sukses."

Buku The Expert Motivation Keys (The EMK) hadir untuk memberikan 4 kunci sukses kepada setiap orang untuk dapat meraih kesuksesannya. Buku ini akan berbagi tentang pengalaman Edvan ketika memulai karier menjadi seorang Motivator dan Entrepreneur sejak usia 14 tahun, berbisnis MLM diusia 16 tahun, berbisnis batu bara dan bermain film diusia 17 tahun, menjadi direktur sebuah perusahaan dan business coach di radio pada usia 18 tahun, serta menjadi dosen diusia 19 tahun.

Cerita kegagalan yang Edvan alami akan membuat anda semakin yakin bahwa kegagalan bukanlah sebuah akhir dari perjuangan. Begitu juga dengan keberhasilan yang pernah Edvan alami akan menginspirasi anda untuk bisa menjadi orang sukses bahkan dari sejak muda. Edvan akan mengajak anda untuk sukses dengan menjadi manusia yang bermanfaat bagi semesta."

Nah, itulah resensi dari buku The EMK. Buku ini Insya Allah rencananya akan terbit setelah lebaran tahun 2013 dengan penerbit Mizan. Setelah buku ini terbit, saya juga akan segera meluncurkan Training yang akan membedah isi buku ini, namanya adalah The Expert Motivation Keys Training.

 

The Experts Motivation Keys Training adalah Pelatihan berdurasi 8 jam yang berfokus membentuk mindset sebagai wirausaha / entrepreneur yang memiliki karakter kuat dan tidak goyah untuk menghadapi berbagai perubahan jaman. Mengupas 4 kunci sukses yang harus dimiliki untuk mendapatkan proses yang bermakna dan hasil yang maksimal. Tidak hanya itu, di training ini peserta juga akan dilatih untuk berani mengeksekusi dengan materi firewalk. Training ini akan dibawakan langsung oleh saya sendiri.

Kembali ke Buku The EMK, meskipun buku ini baru akan terbit sekitar bulan Agustus 2013, tapi kami sudah membuka pre-order sekitar 1.000 eksemplar untuk anda yang memesan dari sekarang. Untuk anda yang memesan pre-order, di dalam bukunya ada tanda tangan asli serta kata-kata motivasi khusus dari saya untuk anda. Berapa harganya? Nah, harganya saat ini masih belum fixed, namun kami tetap membuka kesempatan untuk mengamankan buku ini untuk bisa sampai ke tangan anda tentunya beserta tanda tangan dan kata motivasi dari tulisan tangan saya sendiri. 

Caranya mudah, cukup kirimkan email ke kautsarmanagement@yahoo.com, dengan subject 'Pre Order Buku The EMK'. Tuliskan 'nama dan nomor telpon' anda agar nanti ketika sudah keluar harga resminya serta siap untuk dikirim, kami bisa memberikan info kepada anda melalui sms/telpon.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera daftarkan dirimu untuk bisa mendapatkan 1 dari 1000 buku 'pre order' sekarang juga!

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official
Mengundang sebagai pembicara: 0812 1040 2448 (SMS ONLINE)
Pre Order Buku The EMK: kautsarmanagement@yahoo.com 
(Subject: PO Buku The EMK ; Tuliskan nama & No. Telp)

Training Motivasi untuk Leasing Adira Finance HO bersama Edvan M Kautsar



Jumat, 21 Juni 2013

Kautsar Dimsum

Tentang Kautsar Dimsum
Kautsar Dimsum merupakan salah satu produk kuliner kemitraan dimsum dari Kautsar Management. Dengan mengandalkan Dimsum sebagai produk utama yang berukuran besar, rasanya lezat dan halal.
Kautsar Dimsum hadir untuk menjawab pertanyaan yang berkembang dimasyarakat dengan memproduksi Dimsum yang Halal, tidak mengandung minyak dan daging Babi, oleh karena itu kita tidak perlu khawatir untuk menikmati Dimsum setiap hari.
Kautsar Dimsum sangat siap untuk Go Nasional bahkan International! Dengan sepenuh keyakinan akan cita rasa dimsum yang sangat enak dan lezat. Ditambah dengan ukuran yang besar dan harga yang sangat bersahabat. Dibuat dari bahan dasar daging ayam, sehingga halal untuk dikonsumsi.
Saat ini masyarakat menginginkan segala sesuatu yang serba Instan, oleh karena itu kami mengemas dimsum untuk take away dengan box modern sehingga bisa disantap didalam kendaraan dan juga jadi bingkisan untuk keluarga dirumah.

Sejarah Kautsar Dimsum
Edvan Muhammad Kautsar adalah orang yang pertama kali mendapatkan ide untuk mulai berwirausaha dimsum setelah diajak makan dimsum oleh salah seorang temannya. Akhirnya setelah merasakan kelezatan dimsum, Edvan langsung mengajak sahabat-sahabatnya di Kautsar Management untuk mulai merintis usaha dimsum. Berusaha untuk tampil beda dengan dimsum lainnya, Kautsar Dimsum menjual dimsum dengan booth dan kemasan yang modern.
Melihat antusiasme pasar dengan banyaknya pre-order sebelum launching, kami semakin yakin bahwa dengan usaha inilah masyarakat bisa merasakan dimsum dengan kualitas yang enak dan halal serta dengan harga yang murah.
Kautsar Dimsum membuktikan keseriusannya dalam mengembangkan bisnis kuliner dengan langsung membuka 5 booth pada saat launching di sekitaran Jakarta dan di Tasikmalaya.

Visi dan Misi Kautsar Dimsum
VISI:
Menjadi bisnis kemitraan kuliner yang paling bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia di dunia.
MISI:
Meningkatkan jumlah mitra usaha Kautsar Dimsum dan membuka lowongan usaha serta mensukseskan semua mitra usaha Kautsar Dimsum.
  1. Menjadikan Kautsar Dimsum sebagai dimsum paling bersahabat dengan masyarakat karena rasa, kualitas dan harga yang sangat memuaskan.
  2. Memberikan pelayanan yang maksimal dan memuaskan pecinta dimsum di Indonesia dan dunia, sehingga kelezatannya akan selalu melekat dihati.
Kemitraan Kautsar Dimsum
Kami membuka peluang kemitraan bagi anda yang ingin menjadi mitra dari KautsarDimsum. Tersedia paket-paket kemitraan yang kami tawarkan kepada anda, diantaranya:

1. Paket Small Booth
  
- Booth Kautsar Dimsum berukuran 120x60cm
- Peralatan lengkap
- Kami tidak menyediakan karyawan, tempat dan freezer

2. Paket Medium Booth



- Booth Kautsar Dimsum berukuran 180x60cm
- Peralatan lengkap
- Kami tidak menyediakan karyawan, tempat dan freezer
3. Paket Booth Counter

 - Booth Kautsar Dimsum berukuran 200x200
- Peralatan lengkap
- Kami tidak menyediakan karyawan, tempat dan freezer

4. Paket Semi Outlet
Kautsar Dimsum Depok
- Restoran tanpa dapur
- Peralatan lengkap
- Kami tidak menyediakan karyawan, tempat dan freezer


5. Paket Outlet
- Restoran dengan dapur
- Peralatan lengkap
- Kami tidak menyediakan karyawan, tempat dan freezer


Tahapan Bermitra
Tahapan Bermitra Ada beberapa tahap yang harus dipenuhi untuk menjadi mitra Kautsar Dimsum:

1. Calon mitra Kautsar Dimsum harus sudah memiliki calon tempat booth.
Beberapa keriteria calon tempat :
- Tempat harus memiliki canopy dan tidak terkena hujan secara langsung
- Berada ditempat strategis
- Trafic jalan cukup ramai.
- Dekat lokasi perkantoran/sekolah/kampus
- Fasilitas listrik
- Ketersediaan air bersih
- Tempat parkir yang memadai

2. Calon mitra mengirimkan surat penawaran beserta data diri lengkap ke kautsardimsum@yahoo.com
- Jika penawaran diterima maka proses dilanjutkan dengan pembayaran tahap pertama.
- Setelah melakukan pembayaran mitra mengkonfirmasi dengan mengirimkan scan bukti transfer ke kautsardimsum@yahoo.com.

3. Survei Tempat
Setelah deal tempat, pihak Kautsar Dimsum akan membantu untuk analisa tempat usaha berkaitan dengan strategi Marketing dll.

4. Setelah pembayaran tahap pertama dilanjutkan dengn penandatanganan MoU(kesepakatan awal) dengan Mitra.

5. Setelah pembayaran diterima maka pihak Kautsar Dimsum akan melakukan persiapkan Pra Operational.

6. Setelah peralatan dan perlengkapan siap maka pembayaran tahap kedua segera dilakukan maka Booth dan peralatan dikirim ke lokasi Mitra Bisnis.

Lokasi Outlet & Booth Kautsar Dimsum
Cabang:
1. Jln. Rambutan no. 8 Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok
2. Jln. Raya Sawangan No. 11 Mampang, Pancoran Mas
Depok (Samping Pesantren Al- Hamidiyah)

Mitra Usaha:
1. Food Court Season City Mall, Jakarta Barat
2. Food Court Sky Bridge ITC Kuningan Lantai 4 (Ambassador), Kuningan
3. Food Court Cibinong Square, Cibinong-Bogor
4. Cagar Alam, Depok
5. Jln. Bale Kambang, Depan Alfa Midi, Condet Jakarta Timur
6. Jln. Raya Pomad Bogor, depan Indomaret, Bogor.
7. Jln. Raya Jati Makmur no. 111 (Depan Bellavista House), Pondok Gede -
Bekasi
8. Jln. Rumah Sakit Umum, (Apotek Annur - Cafe - Salon), Tasikmalaya - Jawa Barat
9. Slipi Jaya Mall (Food Court depan CFC), Slipi Jakarta Barat
10. Depok 2 Timur Jln. Sentosa Raya disamping Sekolah Tugu Ibu, Depok
11. Jalan Punak Depan Danau Cinere (Omah Dahar), Cinere Depok
12. Cilandak Mall, Food Court Lantai 3, Cilandak Jakarta Selatan


Twitter: @KautsarDimsum
Website: http://www.kautsardimsum.com
Facebook: Kautsar Lovers
Info lebih lanjut, hubungi: 0838 9450 7478 | kautsardimsum@yahoo.com


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official
Mengundang sebagai pembicara: 0812 1040 2448 (SMS ONLINE)
Pre Order Buku The EMK: kautsarmanagement@yahoo.com 
(Subject: PO Buku The EMK ; Tuliskan nama & No. Telp)

Kamis, 20 Juni 2013

Edvan M Kautsar Motivator Muda yang Mengubah Dunia | Majalah Muzakki


Pada Bulan Maret 2013 saya hadir di sebuah majalah keluarga Indonesia. Bagi yang tidak sempat mendapat dan membaca majalahnya, maka saya akan repost artikelnya di blog ini dengan beberapa revisi. Berikut liputannya:



Pemuda, di manapun ia sudah menjadi ikon perubahan suatu bangsa. Banyak hal yang dapat dilakukan pemuda masa kini, mulai dari sekadar menyanyi sampai membangun negeri.

Adalah Edvan M. Kautsar, seorang pemuda yang memiliki cita-cita mulia untuk membangkitkan Indonesia di mata dunia melalui peran para pemuda. Anak muda ini selalu mengajak masyarakat Indonesia, terutama para pemuda-pemudi untuk membangun perekonomian Indonesia.

Melalui seminar-seminar motivasi, pemuda yang memulai karier menjadi pembicara sejak usia 14 tahun ini mencoba menumbuhkan jiwa “berbisnis” para pemuda Indonesia dengan menggabungkan Character dan Entrepreneurship. Untuk lebih mengenalkan Edvan kepada pembaca, berikut adalah petikan wawancara Muzakki dengan Edvan di Jakarta, beberapa waktu silam.

Bagaimana kabar Edvan saat ini?
Kabar saya, alhamdulillah selalu lebih baik dari sebelumnya.

Apa saja aktivitas Edvan saat ini?
Untuk saat ini, khususnya bulan ini (Maret-red), saya sedang fokus mengurus bisnis Kautsar Dimsum dan merancang program Synergy English Conversation. Kautsar Dimsum ini didirikan sebagai pelopor dimsum yang halal. Kalau biasanya dimsum identik dengan daging babi dan tidak halal, kami membuat dimsum dari daging ayam dan halal pastinya. Lalu, SEC ini lembaga belajar bahasa Inggris yang sistem belajarnya ini tidak menggunakan buku, tapi langsung praktik berbicara dengan metode yang kami miliki. Sedangkan aktivitas mengisi seminar untuk satu bulan ini sedang saya kurangi, cukup 3-4 acara saja.

Kabarnya Edvan sedang menulis buku? Bagaimana proses penulisannya hingga saat ini?
Iya, saya sedang menulis buku motivasi untuk dinikmati anak muda. Sampai saat ini sedang proses penyelesaian. Insya Allah akan dilaunching setelah lebaran tahun ini.

Karena memulai karier dari usia 14 tahun, Edvan diakui sebagai Motivator Termuda se-Asia. Bagaimana perasaan Edvan saat menerima pengakuan itu?
Perasaan saya sangat bersyukur pastinya.

Pernahkah terbayang untuk menjadi Motivator Termuda se-Asia?
Tidak pernah terbayang, karena penghargaan atau gelar itu bukanlah tujuan utama saya. Tujuan utama saya hanya ingin menjadi manusia yang bermanfaat bagi banyak orang di sekitar saya. Penghargaan dan gelar yang saya terima ini hanyalah dampak atau hadiah kecil dari manfaat yang saya berikan ke sekitar saya.

Sebenarnya cita-cita Edvan apa sih?
Cita-cita saya sebenarnya ingin menjadi dokter. Saat lulus SMA dua tahun lalu, saya pernah menjadi juara pertama try out masuk Universitas Indonesia se-Jawa Barat. Ketika Ujian yang sesungguhnya, saya selalu memilih jurusan kedokteran dan kedokteran gigi, namun selalu gagal. Tapi ketika saya mendaftar ke UIN Jakarta, saya memilih jurusan kedokteran dan komunikasi. Alhamdulillah, saya tidak lulus di kedokteran tapi lulus di komunikasi. Allah tahu mana yang lebih pantas untuk saya.

Mengapa Edvan memilih menjadi seorang motivator?
Melalui menjadi seorang pembicara, saya merasa lebih mampu mewujudkan cita-cita saya; menjadi manusia yang bermanfaat. Saya hanya punya sedikit ilmu, tapi ilmu yang sedikit ini saya ingin saya bagikan pada semua orang, agar bermanfaat.

Dari mana Edvan belajar menjadi pembicara dan motivator?
Saya belajar menjadi pembicara dimulai saat saya mejadi ketua OSIS di SMP. Saat itu saya diundang secara gratis untuk mengikuti sebuah training. Training itu sangat bagus menurut saya, sampai saya yang saat itu masih remaja bisa mengerti berbagai teori yang disampaikan si pembicara. Mulai dari saat itu saya terinspirasi untuk menjadi seperti pembicara tersebut. Saya yang pada dasarnya pemalu dan pendiam, mulai berpikir kenapa beliau bisa seperti itu dan saya tidak bisa? Berangkat dari pengalaman inilah saya berusaha memberanikan diri untuk berbicara di depan orang banyak dan mulai mengisi acara di kalangan remaja, padahal saya tidak memiliki bakat sama sekali untuk menjadi seorang pembicara.
 
Motivasi apa yang biasanya Edvan berikan?
pembicara entrepreneur, wirausaha, bisnis, motivator, pengusaha muda, seminar, training, motivasiSaya bisanya menyampaikan motivasi tentang entrepreneur dan pengembangan karakter  di perusahaan, instansi pemerintah (Kementrian UKM), sekolah-sekolah (SMP dan SMA), mahasiswa dan umum. Kalau di depan mahasiswa, saya selalu memberi motivasi tentang visi atau passion serta tentang entrepreneurship. Selebihnya, saya mengisi seminar sesuai dengan tema yang diminta oleh klien. Berbeda juga kalau saya mengisi training untuk SMP atau SMA, biasanya itu motivasi agar semangat sekolah dan persiapan Ujian Nasional.

Bagaimana cara penyampaiannya jika peserta seminarnya anak-anak SMP dan SMA?
Saya memposisikan diri bukan sebagai tutor atau pembicara, melainkan sebagai teman sebaya mereka. Jadi, mereka tidak merasa digurui melainkan diajak sharing bersama. Biasanya acara berlangsung menyenangkan dan mereka tidak merasa bosan. Bahkan kebanyakan meminta untuk ditambah waktunya.

Melihat kesibukan Edvan saat ini, bagaimana tanggapan keluarga Edvan?
Alhamdulillah, keluarga saya sangat mendukung apa yang saya lakukan. Sejak dulu kedua orang tua saya memang tidak pernah memaksa atau melarang saya untuk melakukan sesuatu. Mereka selalu berusaha mendukung saya untuk setiap aktivitas saya. Dan tentunya mereka selalu mendoakan saya hingga bisa berada di posisi ini.

Selain sebagai pembicara, sekarang status Edvan juga sebagai mahasiswa. Bagaimana membagi waktu antara kuliah, menjadi pembicara, dan sambil berbisnis?
Sejak dulu saya berpikir tidak untuk bekerja kepada orang lain, tapi untuk membuka lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, tiga hal ini bukan hal yang sulit untuk dijalani. Saya kuliah seperti biasa, mengisi seminar dan bisnis juga bisa tetap berjalan karena banyak orang di belakang saya yang membantu saya. Istilahnya, saya jalan-jalan bisnis pun tetap jalan. Bagi saya, ketiganya itu penting dilakukan. Berbisnis, mencari uang itu penting, apalagi kalau uang yang kita hasilkan bisa memudahkan kita untuk menjadi manusia yang lebih bermanfaat lagi. Sekarang saya tidak perlu lagi memikirkan setelah lulus kuliah ingin bekerja apa dan di mana, karena sekarang saya sudah membuka lapangan pekerjaan dan Alhamdulillah berpenghasilan. Oleh karena itu kita harus pandai mengatur waktu, bukannya waktu yang mengatur kita.

Jika disuruh memilih kuliah, mengisi seminar, atau berbisnis, mana yang Edvan pilih?
Saya pilih ketiganya. Satu bulan itu 30 hari, kuliah di jurusan komunikasi seperti saya, sebulan kurang lebih hanya 16 hari. Empat belas hari sisanya bisa saya gunakan untuk hal lain, seperti mengisi acara dan berbisnis. Toh, dalam berbisnis saya tidak harus selalu terlibat langsung, karena banyak tangan-tangan hebat di samping saya yang ikut mengurus usaha-usaha di Kautsar Management.

pembicara entrepreneur, wirausaha, bisnis, motivator, pengusaha muda, seminar, training, motivasiBerbincang tentang Edvan, link-nya pasti tertuju pada motivator. Lalu, siapa motivator dalam hidup Edvan?
Motivator utama saya pastinya Nabi Muhammad saw. Motivator kedua bagi saya adalah ibunda dan ayah saya. Sisanya adalah sahabat-sahabat nabi yang sangat mengispirasi saya. Sebagai muslim, pasti idola saya Beliau dan sebagai seorang anak telah menjadi suatu keharusan bagi saya untuk mengidolakan ibunda saya. Di samping itu, saya rasa cita-cita saya sama seperti Nabi Muhammad, yaitu berdakwah (Motivator) sambil berdagang (Berbisnis).

Setiap postingan Edvan di facebook hampir selalu diakhiri dengan kalimat “Semoga kebaikan ini terus mengalir untuk kita dan orang tua kita”, apakah alasan Edvan menulis kalimat tersebut?
Kalau berbicara tetang orang tua, terutama ibunda, berapapun kebaikan yang kita berikan kepada mereka, kita tetap punya hutang kepada mereka. Kebaikan kita kepada mereka tidak akan cukup untuk membalas kebaikannya. Saya merasa masih banyak yang harus saya lakukan untuk membalas semua kebaikan orang tua terutama ibunda saya. Saya selalu berdoa pada Allah, semoga pahala dan kebaikan yang saya lakukan juga mengalir untuk ibunda dan ayah saya.

Sudah lima tahun sejak Edvan menjadi motivator di usia 14 tahun, apa pencapaian yang Edvan harapkan dalam dunia motivasi?
Visi kami ke depan adalah membangun bangsa dan agama dari sisi ekonomi. Caranya  dengan membangung 100 perusahaan dari berbagai bidang di Indonesia yang menyebar ke seluruh dunia. Sampai sekarang sempat terbangun sembilan perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, seperti kuliner, design grafis dan sebagainya. Selain itu, misi kami untuk mencapai pembangunan bangsa dan agama melalui ekonomi adalah leaders create leaders, pemimpin menciptakan pemimpin yang bisa bermanfaat untuk sekitarnya. Suatu hari nanti, dengan 100 perusahaan yang digerakkan pemuda Indonesia ini saya yakin Indonesia akan menjadi negeri adidaya yang di dalamnya kita akan kesulitan mencari orang miskin, karena semuanya sudah menjadi kaya raya, kaya hati dan kaya harta.

Mengapa harus pemuda?
Karena saya yakin, pemuda adalah kunci perubahan. Jadi, saya ingin mengubah pemuda Indonesia dengan memperbanyak entrepreneur yang berkarakter. Bukan kuliah untuk mencari pekerjaan melainkan kuliah sambil menciptakan lapangan pekerjaan.

Mengapa Edvan begitu menggencarkan bahwa pemuda, khususnya muslim harus bisa membangun perekonomian dengan ber-entrepreneur?
Saya berkaca pada Nabi Muhammad saw. Beliau seorang pemuda yang sukses dalam mempimpin dan berbisnis. Berangkat dari fakta sejarah ini saya berpikir bahwa muslim itu harus kaya untuk memudahkan kebermanfaatannya dan hartanya untuk diamalkan lagi di jalan Allah. Tidak ada agama yang melarang umatnya untuk kaya, demikian juga dengan Islam. Allah tidak pernah mengajarkan kita menjadi orang miskin, yang ada adalah berkecukupan. Sekarang, jika harta kita bisa memudahkan kita untuk beramal dan membangun Islam melalui perekonomian, kenapa tidak sekalian saja kaya.

Tapi bukankah seseorang yang sudah masuk ke “arena kaya raya dan sukses” kadang lupa dengan tujuan mulianya di awal? Menurut Edvan, apa yang keliru dengan hal ini?
Nah, inilah kesalahannya. Kekayaan ini memang akan menjerumuskan ke arah negatif jika tidak diimbangi dengan karakter yang kuat. Untuk itu saya juga menekankan perlunya karakter positif atau akhlak dalam entrepreneur. Oleh karena itu, mengapa awalnya saya menamakan training kami dengan nama Entrepreneur Character Training, yang tidak hanya membangun jiwa entrepreneur-nya, tetapi juga membangun akhlak di dalamnya. Itulah mengapa Nabi SAW menyarankan untuk membangun karakter atau akhlak sebelum membangun pasar. Itu semua agar jual beli dan aktifitas pasar yang dibangun itu sesuai dengan nilai-nilai keislaman.

Terakhir, ada pesan yang ingin disampaikan untuk pembaca Muzakki?
Hidup kita ini terlalu singkat untuk menjadi orang biasa, maka jadilah orang yang luar biasa. Dan jadilah manusia yang bermanfaat untuk sekitar kita, karena seburuk-buruknya manusia itu adalah  tidak bermanfaat. Batu saja yang tidak punya nyawa bisa bermanfaat, baik itu dijadikan pondasi dan hal lainnya, apalagi manusia. 

Teruslah berkarya dan bermanfaat untuk sekitar kita, semoga usaha ini bisa membuat Nabi Muhammad saw tersenyum pada kita suatu hari nanti. Karena bangsa dan agama kita membutuhkan kita para pemuda. Jadi, mari kita sama-sama berkarya dengan tangan kecil kita untuk mengubah dunia. (nir)

Nama                     : Edvan Muhammad Kautsar
Akitivitas             : Motivator, Entrepreneur (Pengusaha), Penulis Buku The EMK, Bussiness Coach di Bens Radio, Guest Lecturer, Owner Kautsar Dimsum, Advertising Official Design Concept dan Synergy Engish Conversation
Twitter                   : @EdvanMKautsar

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official
Mengundang sebagai pembicara: 0812 9333 7663 (SMS ONLINE)
Pre Order Buku The EMK: kautsarmanagement@yahoo.com 
(Subject: PO Buku The EMK ; Tuliskan nama & No. Telp)