Kamis, 16 Juli 2009

Hikmah dan Makna Bulan Rajab


Bismillahirrahmanirrahim..

Teman, saya ingin sharing pada kalian.. Mengenai suatu kisah di zaman Rasulullah SAW.
Sebelumnya, mari kita bershalawat kepada Rasulullah SAW. Allahuma'shali'ala Sayyidinaa Muhammad Wa'alaa Alii Sayyidinaa Muhammad.. Assalamu'alaika Yaa Rasulullah Assalamu'alaika Yaa Habiballah, izinkan hamba menceritakan kisah yang pernah terjadi dizamanmu Yaa Rasulullah..


Diceritakan pada zaman Rasulullah, terdapat seseorang lelaki yang terkenal bahwa ia adalah seorang tukang zina, pemabuk, penjudi, bahkan dikatakan bahwa tak ada satupun dosa yang tak pernah dia lakukan.

Sampai suatu ketika ia meninggal dunia, tak ada satupun tetangga, kerabat atau bahkan keluarganya yang datang melayat. Namun Rasulullah SAW dan para sahabat hadir untuk memandikannya dan mengantarnya sampai ke liang lahat.

Ketika Rasulullah SAW mengantar sang mayat menuju ke tempat dikuburkan. Para sahabat keheranan melihat tingkah laku Rasulullah yang mengangkat jenazah sambil berjinjit atau menapakan telapak kaki hanya ujung kaki bagian depannya saja. Namun para sahabat tak ada yang berani bertanya saat itu.

Dan para sahabat kembali keheranan ketika melihat sang Rasul ketika masuk ke liang kubur untuk menguburkan mayat, Beliau menutup matanya dengan sorban yang Beliau pakai saat itu. Kembali para sahabat pun tak ada yang berani bertanya saat itu.

Sampai akhirnya semua selesai, dan salah seorang sahabat bertanya. Duhai Rasulullah, kami ingin tahu mengapa kau berjalan jinjit ketika mengantarkan jenazah dan kaupun menutup mata ketika melihat sang jenazah ketika dimasukan ke liang lahat ?

Lalu sang Rasul berkata, maukah kau tau mengapa Aku melakukan semua itu?
Pertama, ketika aku mengangkat jenazah, aku berjalan dengan berjinjit, itu karena kakiku tak mampu lagi menapak seluruhnya, karena berdesakan dengan ribuan malaikat yang mengantarkan kepergian orang itu.
Kedua, ketika sang jenazah akan dimasukan ke liang lahat, aku melihat ribuan bidadari surga yang datang menyambut jenazah, sehingga aku menutup kedua mataku dengan sorban.

Tentu saat itu para sahabat sangat keheranan dan bertanya pada Rasulullah, bagaimana bisa ia diantarkan oleh ribuan malaikat dan disambut oleh bidadari surga sedangkan semasa hidupnya ia adalah seorang penzina?

Rasulullah pun saat itu hanya mengajak para sahabat untuk menemui istri dari orang itu. Lalu ketika sang istri ditemui Rasulullah dan para sahabat, Ia terbelalak kaget dan ketika Rasulullah bertanya, sang istri itu pun menjawab.

Semasa hidupnya suamiku memang seperti yang orang-orang katakan. Ia seorang penzina, penjudi dan seringkali melakukan dosa-dosa lainnya. Namun ketika Ia memasuki bulan rajab, dengan ikhlas Ia hentikan semua kegiatan yang bersifat dosa, dan Ia benar-benar beribadah dan bertaubat kepada Allah. Hanya itu saja yang dilakukan suamiku, ujarnya.

Kesimpulannya, bisa jadi semasa hidupnya orang itu seringkali melakukan dosa besar, tapi dibulan rajab Ia benar-benar bertaubat dan beribadah kepada Allah.
Maka teman, mari dibulan rajab ini, kita semua bersama-sama semakin mendekatkan diri kepada Allah mudah-mudahan Allah ampuni semua dosa kita dan kita pun mendapatkan keutamaan bulan rajab. Bulan dimana Rasulullah melakukan Isra dan Mi'raj. Bulan dimana Allah turunkan perintah Shalat.

Wallahu'alam Wishawab

Edvan Muhammad Kautsar


After The Rain+My Voice

13 komentar:

  1. kenapa siiy selalu bikin mataku buraaamm??

    BalasHapus
  2. karena aa sayang sama kamu.. ingin bersama-sama mendekatkan diri kepada Allah...

    BalasHapus
  3. Amiiin... semoga semua yang mendengarkan mendapatkan hikmah dari kisah ini.. amiin...
    RN

    BalasHapus
  4. Terimakasih Kak Risman, semoga bermanfaat juga untuk Kak Risman yaa..

    BalasHapus
  5. Makasih udah ngingetin.. aku publish postinganmu ini k temen2 ku juga ya..

    BalasHapus
  6. sama2.. suruh mereka utk mengunjungi blogku juga yaa... :)

    BalasHapus
  7. hehehe edvan, sy dikasih tau rona bwt baca postinganmu, wew subhanallah merinding ampe mepet dinding hehehe :D

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah yaaa... hehehe.. semoga bermanfaat, ajak teman2mu yang lainnya. semoga Allah curahkan hidayahNya pada setiap orang yang membaca blogku.. amiin..

    BalasHapus
  9. tapi kamunya kaya' dulu lagiii...
    yaah..

    BalasHapus
  10. masih berusaha dan merindukan keadaan seperti dulu.. meski terasa sulit.. masi terus mencoba..

    BalasHapus
  11. Ass .
    Kak, aku sering pengen lagu After The Rain ini ... tapi , nggak ketemu . siapa yaa artist nya ?

    BalasHapus
  12. Wass.. waah, siapa yaaa.. aku juga kurang tau.. coba search google aja yaa :D

    BalasHapus
  13. Cerita yang bagus ....terimakasih ya atas sharenya semoga ini bisa jadi pelajaran buat kita semua ..aamiin

    BalasHapus