Jumat, 09 Januari 2015

Indonesia oh Indonesia : Merindukan Pemimpin Pro Rakyat (Berkaca dari Tragedi Pesawat Air ASIA)


Air Asia mampu menjadi Maskapai Penerbangan Murah (Low Cost Carrier) karena mampu berinovasi dan melakukan subsidi silang tanpa mengurangi fasilitas yang ada. Gambar: Iklan Chevrolet pada Badan Pesawat Air Asia

Postingan kali ini, saya ingin sekali mengeluarkan unek-unek tentang bangsa tercinta Indonesia. Semoga saja bisa mengajak para pembaca berpikir dan bisa turut serta aware dalam beberapa hal yang terjadi di bangsa kita belakangan ini.

Terus terang saya heran dengan berbagai kebijakan dan pandangan pemerintah saat ini. Bagaimana bisa pesawat yang justru menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia, dimana setiap tahun mampu mengangkut 8 juta rakyat bangsa Indonesia untuk bisa berpergian baik domestik atau internasional bahkan seringkali memberikan tiket gratis serta mengangkut berbagai turis dari luar untuk datang ke Indonesia ini terus menerus diserang dengan hal-hal yang tidak masuk akal. Entah itu penerbangan murah berbahaya, tiketnya terlalu murah dan terus menyalahkan pihak-pihak yang sedang berduka ini.

Pak, kalau mau bikin gebrakan yang mengundang wartawan dan suka cita masyarakat, tolong bikin inovasi, bikin yang tadinya nggak ada jadi ada.. Bukan sebaliknya.. Contoh Kang Emil, inovasinya bener-bener membanggakan masyarakat Bandung.. Membuat yg tadinya buruk jadi bagus, yang gak ada jadi ada.. Betapa bangganya warga Bandung dengan kebijakan-kebijakan Ridwan Kamil yang benar-benar masuk akal dan terealisasi hingga menguntungkan warganya.

Misalnya bikin airport di Indonesia beroperasi 24 jam sehingga spare waktu per-penerbangan bisa diperlebar, terus adanya lounge tempat istirahat di Bandara agar masyarakat nyaman, tambah fasilitas bandara dan bikin solusi untuk memperbaiki maskapai-maskapai swasta di Indonesia tanpa harus menghilangkan tiket pesawat murah yang menjadi solusi bagi masyarakat menengah kebawah..

Kalau alasannya karena gara-gara pesawat kereta api jadi gak laku.. Ya jangan salahkan pesawat, tapi perbaiki kualitas dan harga perkereta apian Indonesia.. Masyarakat memilih pesawat murah dibanding kereta api karena wajar, harga Jakarta-Surabaya naik pesawat bisa dapat 350rb-an, cepet, nyaman, fasilitas bagus, naik kereta 450rb-an, fasilitas jelek, lama, gak efisien, bahkan beberapa kali dapet gerbong yang acnya rusak padahal labelnya eksekutif..

Kemana saja berbagai aturan itu sebelum pesawat ini kecelakaan? Mengapa baru sekarang hebohnya? Karena sedang menjadi momentum dimana hal ini sedang menjadi fokus utama media?

Well, hal ini menjadi tidak mengherankan jika kita membuka mata lebih lebar, karena berbagai mentri yang lainnya pun selalu melakukan hal yang sama. Mencoba untuk terlihat 'kerja' ketika ada momentum yang bisa menjadi kesempatan untuk bisa 'dilihat' oleh masyarakat.

Miris memang, jika kita melihat berbagai kebijakan pemerintah saat ini yang benar-benar berdampak merugikan rakyat, dimana bbm naik saat minyak dunia turun, tiket pesawat murah dihapuskan, harga LPG naik, belum lagi kalau menyangkut soal agama. Hmmm, sudahlah mungkin saya yang salah menilainya. Namun, sudah banyak saya mendengar orang mengatakan, "Penampilan saja merakyat, kebijakannya banyak merugikan rakyat".

Namun apapun itu, saya hanya bisa berdoa, semoga Allah solehkan para pemimpin kita itu, jika tidak ya mudah-mudahan Allah ganti saja pemimpinnya sama yang lebih soleh. Rakyat membutuhkan pemimpin yang sejati.

Semoga mereka tidak hanya kerja, kerja dan kerja. Karena kebo juga kerja. Mudah-mudahan mereka bekerja dengan hati. Kita sebagai rakyat bangsa Indonesia menjadi pengawas dan pengkritik agar pemimpin yang katanya terpilih secara demokrasi ini bisa bekerja dengan hati untuk rakyat Indonesia.

Terakhir, kembali soal kecelakaan pesawat. Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang ikhlas membantu evakuasi pesawat yang dipimpin oleh Basarnas. Betul-betul memberi harapan bagi masyarakat Indonesia.

Tetap semangat berkarya untuk Indonesia!

Edvan M Kautsar Official
081210402448/081293337663
http://facebook.com/edvanmkautsarfanpage
http://twitter.com/edvanmkautsar
http://instagram.com/edvanmkautsar
http://edvanmkautsar.blogspot.com/

Buku Dreams Come True:
http://edvanmkautsar.blogspot.com/2013/12/buku-dreams-come-true-4-kunci-sukses.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar