Rabu, 25 Maret 2015

Mau Jadi Wirausaha Sukses? Tekuni Passion Anda (Seminar Bersama PT. Agincourt Martabe - Medan)


Foto: Istimewa Pengusaha muda sekaligus motivator, Edvan M. Kautsar, bersama ratusan peserta anak muda dari kalangan umum dan keluarga jurnalis pada kegiatan seminar “5 Langkah Sukses Menjadi Wirausaha Muda”, Senin (23/2), di Pameran Pekan Pembangunan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2015, di Medan.

Pengusaha muda sekaligus motivator, Edvan M. Kautsar, bersama ratusan peserta anak muda dari kalangan umum dan keluarga jurnalis pada kegiatan seminar “5 Langkah Sukses Menjadi Wirausaha Muda”, Senin (23/2), di Pameran Pekan Pembangunan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2015, di Medan.



Menurut survey BPS, pelaku wirausaha di Indonesia per Januari 2015 masih 1,6 persen dari total penduduk. Bandingkan dengan negara-negara maju yang memiliki entrepreneur di atas 2 persen. Malaysia saat ini sudah 5 persen, Singapore 7 persen. Cina dan Jepang bahkan mencapai 10 persen. Tak heran Indonesia sampai saat ini masih berstatus negara berkembang.

Mengetahui kondisi ini, apakah Anda tertantang untuk menambah jumlah wirausaha muda sukses di negeri ini? Jika ya, Entrepreneur Muda Terbaik se-Asia, Edvan M Kautsar, membagi lima langkah sukses menjadi wirausaha muda untuk Anda.

Apa saja langkahnya?

“Pertama, miliki niat dan keyakinan. Kedua, temukan passion Anda. Ketiga, miliki mimpi besar. Keempat, jabarkan misi. Dan kelima ambil tindakan,” kata Edvan, dalam Young Entrepreneurship Workshop, yang difasilitasi Tambang Emas Martabe di area Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Senin (23/3/2015).

Edvan memaparkan kelima langkah yang disebutnya.

Langkah pertama, miliki niat dan keyakinan. Dalam langkah ini, Anda harus memiliki niat untuk berusaha dan yakin 100 persen. ”Keraguan 0,01 persen saja bisa menghancurkan 99,9 persen keyakinan yang Anda miliki. Jadi harus 100 persen yakin berhasil. Jangan lupa berdoa,” katanya.


Bill Gates kembali menduduki peringkat pertama daftar orang terkaya di dunia menurut majalah Forbes 2 Maret 2015 (foto: dok).

Bill Gates kembali menduduki peringkat pertama daftar orang terkaya di dunia menurut majalah Forbes 2 Maret 2015 (foto: dok).
Untuk sukses, kata Edvan, lakukanlah hal yang bermanfaat. Temuan MS Office oleh Bill Gates misalnya, sangat bermanfaat bagi orang banyak, hingga membuatnya sangat sukses. Bll Gates pun kokoh menduduki peringkat orang terkaya dunia hingga 7 tahun berturut-turut.

Temuan parfum pertama kali di Prancis dinilai sangat bermanfaat untuk menutupi bau tubuh warga Prancis saat itu yang jarang mandi karena cuaca dingin. Manfaat parfum kemudian berkembang luas hingga ke seluruh dunia.

”Semakin bermanfaat hidup seseorang, semakin tinggi nilainya di hadapan Tuhan dan manusia,” kata Edvan.

Langkah kedua untuk sukses, temukan passion Anda. Passion adalah suatu energi dari dalam diri yang membuat kita menjadi lebih semangat menjalani hidup, dan membuat pikiran kita terus aktif bekerja.

Passion atau minat yang Anda miliki pada sesuatu, akan membuat Anda nyaman mengerjakannya. Membuat Ansda termotivasi untuk mencapai kerja optimal. Dan membuat Anda bahagia. ”Pekerjaan yang kita lakukan dengan bahagia akan melahirkan energi yang tidak terbatas dan menjadi sebuah bahan bakar untuk mencapai kesuksesan,” kata pengusaha muda yang telah berwirausaha sejak usia 14 tahun ini.

Bagaimana caranya mengetahui apa passion Anda?

Caranya mudah. Cukup dengan menjawab 3 pertanyaan ini. Pertama, pekerjaan apa yang sulit untuk orang lain tapi mudah untuk Anda? Kedua, pekerjaan apa yang akan Anda lakukan sekalipun tidak dibayar? Ketiga, hal apa yang sering membuat Anda lupa waktu ketika melakukannya?
Lionel Messi mencatat 74 gol dalam 91 pertandingan.
Lionel Messi mencatat 74 gol dalam 91 pertandingan.
”Berkarir sesuai passion, membuat kita mencintai apa yang kita kerjakan, membuat kita bahagia, semangat bekerja, pekerjaan akan dilakukan dengan baik, handal dalam bidang itu, berprestasi, uang akan mengejar Anda, dan Anda akan sukses,” katanya.

Ia mencontohkan ayah artis Paris Hilton, yang suka mencari tempat tidur yang enak dan nyaman saat bepergian, sehingga ia sangat menikmati membangun hotel yang nyaman sesuai passionnya. Michael Jackson yang suka menyanyi dan menari, dan sukses di dunia entertain. Mike Tison yang menikmati bertinju hingga sukses di dunia tinju. Lionel Messi yang bahkan sudah suka menendang sejak di di kandungan ibunya, dan sangat menyukai dunia tendang menendang, hingga menjadi legenda di dunia sepakbola.

”Temukan passion Anda, nikmati, tekuni, dan raihlah kesuksesan,” kata wirausahawan muda yang telah jatuh bangun mencoba bisnis MLM, bisnis batubara, production house, bersemangat.

Langkah ketiga menjadi entrepreneur sukses, yakni miliki mimpi besar. ”The power of dream. Segala sesuatu yang bisa kita bayangkan, pasti mampu kita wujudkan,” cetusnya.

Ia meminta generasi muda jangan membatasi diri. Biarkan Anda bermimpi setinggi bintang di langit. Ia lantas mencontohkan sejumlah penemu dunia yang membatasi diri sendiri dengan mimpi, dan mentok sampai di sana. Alexander Graham Bell, penemu telepon misalnya, pernah berkata: ”Telepon bergerak? Berapa panjang kabelnya?”

Ternyata generasi berikutnya mampu menemukan telepon mobile.

Kakek Wright Bersaudara pernah berkata ”hanya malaikat dan burung yang bisa terbang.” Untunglah Wright Bersaudara tetap dengan mimpi mereka mencoba terbang dengan pesawat bermesin. Saat ini kita menikmati temuan mereka.
Steve Jobs
Steve Jobs
Steve Job pernah berkata ’Hanya orang bodoh yang memikirkan komputer di rumah-rumah.”

Dan ia pun disalip Bill Gates yang tidak berpikir sesempit itu, yang berjaya dengan software MS Office-nya. Untunglah Steve Job sadar dan mengakui pikiran bodohnya, hingga berhasil menciptakan Ipad dan Iphone Apple.

”Semua mimpi akan menjadi kenyataan bila kita memiliki keberanian untuk mengejarnya. Itu kata Walt Disney, yang berani memimpikan kartun-kartun bergerak dalam bentuk film, dan membayangkan wahana Disney Land di seluruh dunia,” kata Edvan, yang sudah mencoba berbagai usaha sejak usia muda hingga sekarang sukses di usia 21 tahun.

Langkah Keempat untuk sukses, jabarkan misi Anda. Caranya, tuliskan langkah yang yang harus Anda lakukan untuk meraih mimpi Anda.

Misalnya, Anda sudah berniat menjadi entrepreneur muda, memiliki passion di dunia game, dan bermimpi untuk menciptakan game yang lebih menarik dibanding game AngryBirds. Sekarang Anda harus menuliskan bagaimana caranya Anda mewujudkan mimpi itu. Contohnya, dengan bekerja sama dengan teman sesama peminat game, belajar ke ahli game, dll.
Foto: John Shearer/Invision/AP Dick Hoyt, kiri, dan Rick Hoyt,  menerima Jimmy V Perseverance Award pada ESPY Awards 17 Juli 2013, di Nokia Theater di Los Angeles.
Foto: John Shearer/Invision/AP
Dick Hoyt, kiri, dan Rick Hoyt, menerima Jimmy V Perseverance Award pada ESPY Awards 17 Juli 2013, di Nokia Theater di Los Angeles.
Langkah kelima atau terakhir, bertindaklah. ”100 langkah yang kita cita-citakan takkan pernah berarti, tanpa pernah melangkah untuk yang pertama kali,” kata Edvan.

Jangan takut gagal. Beranilah mengeksekusi mimpi Anda. Jangan bimbang. Ingatlah kisah Rick Hoyt yang menderita kelumpuhan otak dan cacat fisik, dan baru bisa bilang hi Mom dan hi Dad di usia 10 tahun, tetapi tidak menyerah dengan keadaanya. Ia tetap bersemangat dan meraih gelar sarjana dalam bidang pendidikan khusus.

”Jika Anda percaya bisa, Anda memang bisa. Sukses sejak muda sama sekali bukan hal mustahil,” tutup Edvan. (mea)

Berikut beberapa berita mengenai event Edvan M Kautsar di Medan:
1. JURNAL ASIA : http://www.jurnalasia.com/2015/03/24/edvan-m-kautsar-angka-pengangguran-terdidik-capai-4181-persen/

2. SUMUT POST : http://sumutpos.co/mau-jadi-wirausaha-sukses-tekuni-passion-anda/

3. TRIBUN MEDAN : http://medan.tribunnews.com/2015/03/23/atasi-pengangguran-harus-tanamkan-jiwa-kewirausahaan-sejak-dini

4. JELAS BERITA : http://www.jelasberita.com/2015/03/24/tambang-emas-martabe-meriahkan-prsu-dengan-seminar-wirausaha/

5. MEDAN BAGUS :  http://www.medanbagus.com/read/2015/03/23/30052/Tambang-Emas-Martabe-Gelar-Seminar-Kewirausahaan-di-PRSU

6. HARIAN ANDALAS : http://harianandalas.com/kanal-ekonomi/harus-punya-ide-dan-kreatifitas

7. MEDAN BISNIS: http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2015/03/24/153922/lima-langkah-sukses-menjadi-wirausaha-muda/#.VRJNsinl2lI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar