Senin, 29 Juli 2019

Seperti apa prospek bisnis startup di masa depan? Ini kata Motivator Muda Indonesia Terbaik Edvan M. Kautsar

Membangun bisnis di bidang teknologi memiliki prospek yang amat sangat cerah di masa yang akan datang. Bagaimana tidak, para milenial terkaya di dunia saat ini hampir rata-rata adalah pemilik startup.

Dunia pun terus berubah menjadi semakin digital. Hal ini berbanding lurus dengan kebutuhan masyarakat dunia di era modern yang juga semakin beralih ke dunia digital. Semakin banyaknya perusahaan startup yang menyediakan solusi untuk memudahkan kehidupan manusia. Manusia pun semakin ketergantungan dengan hal-hal yang bersifat digital.

Di Indonesia sendiri, mulai banyak ventura yang berani berinvestasi dengan startup di Indonesia. Alasannya, selain orang-orangnya kreatif, Indonesia memiliki pasar yang sangat besar. Inilah yang menjadi alasan mengapa startup teknologi memiliki potensi untuk terus berkembang.

Menurut Kemkominfo, success rate dari startup indonesia adalah sekitar 4 persen. “Success rate artinya, dengan adanya 1.000 startup maka yang jadi itu mungkin 40 startup, itu fakta hidup. Mungkin nanti success rate bisa meningkat jadi 5 persen. Tetapi, bisa berkembang atau tidaknya startup tergantung kepada masing-masing,” katanya.

Beberapa bidang startup yang memiliki potensi cerah di masa yang akan datang di antaranya di bidang agriculture, education, healthcare, transportation, tourism, logistics, dan smart energy.

“Jika sebuah startup ingin meraih gelar unicorn, maka ide membuat startup tak hanya menciptakan solusi biasa tapi bagaimana terus menerus berinovasi. Semakin besar masalah yang bisa diselesaikan dengan solusi dari startup tersebut maka pasarnya tentu kian meluas,” jelas Edvan.

Sederhananya, jika masalahnya besar tentu market-nya besar. Kalau banyak yang pakai solusi kita dan akhirnya berbayar, perputaran nilai transaksinya tentu akan besar, valuasinya pun semakin besar, hal-hal inilah yang membuat sebuah startup menjadi unicorn.

Jadi, sebenarnya startup harus memberikan solusi dari masalah. Hanya saja persoalan yang sering dihadapi para pendiri startup adalah solusi seperti apa yang akan ditawarkan, apakah ingin memberikan solusi yang biasa saja, yang dibutuhkan, atau bahkan yang menimbulkan ketergantungan. Semuanya bergantung pada visi dan misi para pendiri startup tersebut.

sumber: https://www.elshinta.com/news/180540/2019/07/17/seperti-apa-prospek-bisnis-startup-di-masa-depan-ini-kata-edvan-m-kautsar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar