Minggu, 22 Juni 2014

Seminar Kewirausahaan SMK Mercusuar bersama Motivator Muda Edvan M Kautsar (Motivator SMK Jakarta)

seminar wirausaha motivator nasional muda termuda indonesia pengusaha entrepreneur sukses training motivasi mahasiswa kampus
Edvan memberikan kepalan tangannya untuk 'toast' dengan peserta yang berhasil menjawab pertanyaan yang dia berikan.
Sekolah Menengah Kejuruan Mercusuar di Cakung Jakarta Timur mengundang Edvan M. Kautsar untuk bisa memotivasi para siswanya sehingga bisa berpikir entrepreneur saat lulus sekolah bahkan sejak masih sekolah.

Edvan menyatakan kepada para peserta bahwa dia tidak terlahir dari keluarga kaya raya, saya anak dari keluarga sederhana namun memiliki keinginan yang besar. Maka dari itu dari SD saya sudah mulai berjualan es sirup, smp jualan baju bola dan baju koko, sma coba-coba masuk MLM, jual beli lahan batu bara serta mencoba casting dan berhasil main di beberapa film dan video klip, lulus SMA mencoba untuk membangun PH sendiri dan sambil kuliah membuat lembaga training dan berbagai usaha lainnya seperti resto, majalah dan sebagainya.

Edvan juga menyampaikan bahwa hampir semua bisnis yang dia dirikan tidak memerlukan modal uang, melainkan keinginan dan kemauan, modal uang akan datang sendiri ditengah perjalanan bisnis kita. Walaupun demikian, Edvan tidak menampik jika banyak usahanya yang telah gagal selama ini. Menurutnya, hal ini adalah cara Allah untuk menghabiskan jatah kegagalan yang dia miliki.

Biarin aja sampai nanti si 'gagal' kebingungan saat datang ke kehidupan saya. Mau gagalin disisi mana lagi karena semua sisi kegagalan pernah dirasakan. Yang penting kita bisa belajar terus dari kegagalan tersebut dan berusaha sekuat tenaga agar tidak mengulang kegagalan itu, celotehnya dan disambut dengan tawa dari peserta.

seminar wirausaha motivator nasional muda termuda indonesia pengusaha entrepreneur sukses training motivasi mahasiswa kampus
Edvan berdiskusi Bisnis dengan Pak Hartono selaku Ketua Yayasan Pemilik 8 Sekolah di Jabodetabek, Karawang dan Jawa Tengah

Pak Hartono yang merupakan Ketua Yayasan dari sekolah tersebut menyampaikan harapannya bahwa anak-anak smk seharusnya tidak berpikir untuk bekerja di pabrik atau perusahaan industri, melainkan memulai berwirausaha dari hal-hal sederhana, misalnya jual jasa montir, servis dan akhirnya bisa buka bengkel sendiri. Lebih bagus lagi kalau lebih kreatif kedepannya bisa punya brand otomotif sendiri. Sehingga Indonesia tidak kalah dari Jepang bahkan Malaysia yang sudah punya proton dan mulai diakui dalam dunia otomotif.

seminar wirausaha motivator nasional muda termuda indonesia pengusaha entrepreneur sukses training motivasi mahasiswa kampus
Edvan berfoto bersama dengan Ketua Yayasan Pak Hartono, Kepala Sekolah Pak Fahrurozi dan Mas Andre dari Kautsar Group
Diakhir seminar, Edvan bertanya tentang apa cita-cita mereka setelah mendengar saya, salah satu peserta tunjuk tangan dan berkata, saya akan mencoba untuk buka usaha seperti bengkel motor, hingga satu saat nanti bengkel ini akan menjadi jalan saya agar bisa membuat perusahaan industri yang besar di Indonesia.

Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official
Mengundang sebagai pembicara: 0812 9333 7663 / 0812 1040 2448


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar