Rabu, 19 November 2014

Memaknai Film Interstellar

artikel motivasi, film sains, interstellar, memahami interstellar, memaknai film, motivasi islami, movie review, review film,
Insterstellar Moview Review (Moslem point of view)


Sahabat, kemarin malam saya mendapat kesempatan untuk bersantai dan menonton film 'Interstellar' di Blitzmegaplex.

Film ini berkisah tentang bagaimana bumi yang sudah rusak dan tidak lagi nyaman untuk dihuni. Berbagai bencana alam, kekeringan, kesulitan pangan, air bersih, debu dan berbagai macam hal lainnya yang membuat bumi 'tidak' layak huni.

Hingga akhirnya ada seorang lelaki yang berkesempatan untuk mencari planet baru yang cocok untuk ditinggali oleh manusia dan meninggalkan anak perempuannya yang masih kecil. Karena di sistem tata surya kita sudah diteliti dan tidak ada yang layak huni karena tidak ada tanda-tanda kehidupan. Mereka akhirnya meneliti ke luar tata surya dengan melalui warmhole (lubang cacing) yang bisa menembus dimensi luar angkasa dengan kecepatan cahaya.


Hal ini membuat adanya perbedaan gravitasi dan sesuai dengan teori hukum relativitas Einstein, bisa membuat perbedaan waktu antara bumi dan planet-planet yang mereka kunjungi. 1 jam di planet air yang mereka temukan, sama dengan 7 tahun lamanya di bumi. Karena Copper menghabiskan 3 jam lebih di planet tersebut, akhirnya seperti lebih dari 20 tahun di bumi. Sehingga setelah 3 jam lebih copper berada di planet dengan dilatasi waktu yang berbeda dengan bumi. Makan anaknya yang masih kecil menjadi seusia dengannya.

Ya, Interstellar adalah film yang benar-benar saintifik. Memakai berbagai rumus fisika. Dan rumus-rumus itu adalah benar. Dan bisa dibuktikan kebenarannya dengan rumus fisika.

Tapi taukah sahabat? Hal itu sudah lebih dulu disampaikan oleh Nabi Muhammad Saw jauh sebelum Einstein menemukan teori-teori fisika tersebut.

Nabi Muhammad pernah bersabda pada para sahabat, bahwa perbedaan waktu di dimensi dunia dan dimensi akhirat adalah ribuan tahun bedanya.

"Dan sesungguhnya satu hari (menurut perhitungan) Tuhanmu adalah seperti 1000 tahun menurut perkiraanmu." [Al-Hajj ayat 47]

"Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadaNya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu." [As-Sajdah ayat 5]

Berdasarkan 2 ayat diatas, kita bisa perkirakan perbandingan hari antara dunia dan akhirat dengan hitungan matematika dasar.
1 hari di akhirat = 1.000 tahun di dunia
1 tahun di dunia = 365 hari
1 hari di akhirat = 365 x 1000 = 365.000 hari

Berarti satu hari di akhirat adalah 365 ribu hari di dunia.

Coba kita misalkan, jika 1 hari di akhirat juga ada 24 jam seperti di dunia.
1 hari di akhirat = 1.000 tahun di dunia
1 hari di dunia = 24 jam
1 jam di akhirat = 1000/24 = 41,7 tahun

Maka setiap jam di akhirat adalah sama dengan 41,7 tahun di dunia.

Usia harapan hidup umat Nabi Muhammad adalah kurang lebih 60 tahun.
maka jika kita bandingkan waktu hidup di dunia dengan kehidupan akhirat.
1 jam di akhirat = 41,7 tahun
60 tahun/41,7 tahun = 1,4 jam

Maka kita hanya hidup di dunia selama 1,4 jam berdasarkan hitungan akhirat.

"Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan main-main dan senda gurau belaka. Dan sesungguhnya negeri akhirat itu adalah terlebih baik bagi orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?"

Rasulullah Sallallahu’Alaihi wa Sallam bersabda,
Celupkan jarimu ke air lautan, kemudian angkat telunjukmu dan air yang menetes dari ujung jarimu itu adalah perumpamaan kehidupan di dunia dan sisanya yang ada di lautan dan samudera, itulah perumpamaan kehidupan akhirat.

“Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan (teknologi)”. (QS al-Rahm├ón [55]: 33)




Edvan Muhammad Kautsar

Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official | IG: edvanmkautsar
http://edvanmkautsar.com
Mengundang sebagai pembicara: 0812 9333 7663 / 0812 1040 2448

Artikel Motivasi Terbaru

Lihat artikel motivasi lainnya disini

BBM Naik? Penghasilanpun harus naik!

bbm naik, berita bbm naik, menghadapi kenaikan bbm, menyikapi kenaikan bbm, artikel motivasi, Kalimat Motivasi, motivator muda, motivator indonesia,
Kenaikan harga bbm bersubsidi di Indonesia
Sahabat, pada hari Selasa jam 8 malam, lampu indikator bahan bakar mobil saya mulai berkedip tanda bensin sudah mau habis. Tapi karena ada janji silaturahim, saya memutuskan untuk mengisinya setelah acara tersebut. 
Selesai acara, jam 11 malam saya langsung mencari pom bensin yang buka, herannya semua pom bensin pintunya ditutup. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk langsung masuk tol dalam kota menuju ke arah rumah di Jakarta Selatan.
Keluar Tol jorr, saya langsung mencari pom bensin terdekat dan alhamdulillah kali ini tidak ditutup. Pas saya mau isi bensin, saya kaget ketika melihat angka premium dan solar sudah naik jadi 8.500 (premium) dan 7.500 (solar). Wow, bbm naik!
Saya semakin heran kok bbm naik sebelumnya gak banyak gembar-gembor di media ya kalau hari itu mau naik. Sepengetahuan saya saat ini harga minyak dunia sedang turun, kok bisa naik 2.000 rupiah ya? Apalagi setelah baca artikel pernyataan dari bapak pakar ekonomi Indonesia Kwik Kian Gie yang mengatakan bahwa bbm bersubsidi itu bohong, karena negara kita penghasil minyak, 4.500 saja untuk bensin dengan oktan sekelas premium itu pemerintah sudah untung banyak. Wow, semakin bingung dengan keputusan pemerintah yang menaikan harga bbm saat ini.
Hal ini berdampak pada kenaikan berbagai kebutuhan pokok, ongkos angkutan umum yang belum juga diperbaiki dan masih banyak lagi. Padahal sepengetahuan saya, perwakilan partai yang saat ini setuju bbm naik adalah partai yang biasanya paling sering menyuarakan penolakan kenaikan harga bbm. Tapi ya sudahlah, apa daya bbm sudah naik. Angkutan umum mogok pun sepertinya tidak berpengaruh besar untuk pemerintah. Ditambah dengan pernyataannya yang mengatakan itu reaksi yang wajar dalam beberapa hari juga akan hilang.
Lalu apa yang harus kita lakukan? Nah, berikhtiar lebih kepada Allah. Pasang target penghasilan dan pencapaian yang lebih besar. Cita-cita harus lebih besar lagi. Kerja dan Belajar harus lebih giat lagi. Jadikan ini sebagai cara kita untuk bisa meraih sesuatu yang lebih.
Jika target penghasilan perbulan 3 juta, tambah lagi 3 juta, jadi 6 juta. Jika saat ini sumber penghasilan kita baru satu, ayo tambah. Minimal ada 3 sumber penghasilan dalam hidup. Pokoknya tingkatkan lagi apa yang selama ini biasa kita dapatkan. Sedekahnya juga tambah, doanya, ibadahnya juga harus terus ditambah.
Jangan lupa juga doakan para pemimpin negeri ini, untuk bekerja tidak sekedar bekerja, karena kebo juga bisa kalau cuma kerja. Tapi bekerja untuk membangun bangsa melalui jalan agama. Bukan menghilangkan agama dari identitas suatu bangsa.
Ayo sahabat, berikhtiar lebih kepada Allah! 

Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official | IG: edvanmkautsar
http://edvanmkautsar.com
Mengundang sebagai pembicara: 0812 9333 7663 / 0812 1040 2448
Artikel Motivasi Terbaru
Lihat artikel motivasi lainnya disini

Konsultasi Motivasi Personal Edvan M Kautsar

konsultasi, motivasi, private consultation, motivasi pribadi, edvan m kautsar, motivator muda, penulis, motivator terkenal indonesia,
Edvan M Kautsar telah membantu banyak orangtua untuk memberikan motivasi secara personal (private) kepada anaknya yang masih remaja atau pemuda sehingga bisa  menemukan solusi dari permasalahan hidupnya.
Motivasi adalah dorongan bagi siapapun untuk bisa meraih cita-cita. Semangat hidup akan hadir jika kita memiliki motivasi dari dalam diri. Apalagi jika sudah menemukan passion dan mesin kecerdasan yang jelas.
Sayangnya, banyak sekali remaja dan pemuda yang tidak memiliki motivasi dalam hidup. Galau terus, sedih terus, sulit bergaul, tidak semangat sekolah, pemalu, tidak punya cita-cita, belum tau passionnya hingga akhirnya salah memilih bidang studi atau jurusan, depresi, stress dan masih banyak sekali masalah-masalah yang berkaitan dengan motivasi tersebut.
Sahabat, untuk itu Kautsar Management kembali membuka Program Konsultasi Personal dengan Edvan M Kautsar secara langsung untuk membantu anda, saudara anda atau anak anda menumbuhkan motivasi dari dalam diri, menemukan tujuan hidup, menemukan passion, menemukan solusi dari masalah hidup.
Edvan M Kautsar akan menumbuhkan motivasi dari dalam diri dan membantu klien untuk memiliki impian yang besar dengan metode yang tepat dan islami. 
Info dan Untuk Membuat Janji Meeting, silakan email ke groupkautsar@gmail.com, dengan Subyek 'Konsultasi Personal' atau 081210402448 (kautsarmanagement).

Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official | IG: edvanmkautsar
http://edvanmkautsar.com
Mengundang sebagai pembicara: 0812 9333 7663 / 0812 1040 2448
Artikel Motivasi Terbaru
Lihat artikel motivasi lainnya disini

Selasa, 18 November 2014

Seminar Motivasi Wirausaha Vokasi Universitas Indonesia (Motivator Kampus dan Mahasiswa)

edvan m kautsar, motivator muda, motivator indonesia, motivator top, inspirator, pengusaha muda, sukses muda, seminar motivasi, training motivasi corporate, training bank, motivasi karyawan, trainer bank, motivator universitas indonesia, motivator UI, pembicara UI
Edvan M Kautsar membuka seminar Motivasi dengan sharing pengalaman hidup hingga bisa berada di titik saat ini.
Motivator Muda Edvan M Kautsar kembali memberikan Seminar Motivasi Wirausaha di Universitas Indonesia. Acara ini diselenggarakan oleh HIMA Vokasi Adm di Annex Balairung Universitas Indonesia.
edvan m kautsar, motivator muda, motivator indonesia, motivator top, inspirator, pengusaha muda, sukses muda, seminar motivasi, training motivasi corporate, training bank, motivasi karyawan, trainer bank, motivator universitas indonesia, motivator UI, pembicara UI
Edvan memberikan materi dengan penuh semangat dan menularkan semangat itu kepada seluruh peserta.
Edvan berbagi kepada para peserta bahwa saat ini di Indonesia sudah terlalu banyak pengangguran terdidik yang berasal dari lulusan S1 dan S2. Jika tidak ingin ada diantara para pengangguran itu dan ikut membantu memberikan solusi bagi bangsa, maka jadilah wirausaha.

edvan m kautsar, motivator muda, motivator indonesia, motivator top, inspirator, pengusaha muda, sukses muda, seminar motivasi, training motivasi corporate, training bank, motivasi karyawan, trainer bank, motivator universitas indonesia, motivator UI, pembicara UI
Edvan dan Arry Rahmawan di sesi tanya jawab
Edvan tidak sendirian, di event ini Edvan tandem dengan Arry Rahmawan, seorang trainer sekaligus founder cerdas mulia training.
edvan m kautsar, motivator muda, motivator indonesia, motivator top, inspirator, pengusaha muda, sukses muda, seminar motivasi, training motivasi corporate, training bank, motivasi karyawan, trainer bank, motivator universitas indonesia, motivator UI, pembicara UI
Edvan dan Arry Rahmawan di sesi tanya jawab
Edvan juga berbagi tips memulai bisnis dan bercerita tentang berbagai kegagalan yang pernah dirasakan sewaktu berbisnis. Hal itu tidak membuat dia menyerah justru terus ingin menaklukan berbagai kegagalan agar bisa merasakan lezatnya kesuksesan. Para peserta langsung ingin segera memulai wirausaha setelah mendengarkan tips-tips memulai usaha dengan modal dengkul alias modal seadanya.

Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official | IG: edvanmkautsar
http://edvanmkautsar.com
Mengundang sebagai pembicara: 0812 9333 7663 / 0812 1040 2448


Artikel Motivasi Terbaru
Lihat artikel motivasi lainnya disini

Berita Training Motivasi

Minggu, 16 November 2014

Penghapusan Kolom Agama dari KTP Indonesia

Sahabat, beberapa waktu ini kita mendengar Mendagri Pemerintahan sekarang ingin menghilangkan kolom agama dari KTP kita.

Hal ini sangat-sangat membuat saya kecewa. Kita yang beragama islam bernegara karena beragama. Namun orang-orang sekuler dan liberal, mereka beragama karena bernegara. Sehingga kita yang muslim tidak bisa dan tidak mau jika identitas kita sebagai seorang muslim dalam bernegara dihilangkan.

Novus Ordo Seclorum, dari situlah misi orang-orang liberal dan sekuler yang ingin memisahkan agama dalam bernegara. Sehingga perlahan orang mulai meninggalkan agamanya dalam bernegara. Hal ini perlahan tanpa kita sadari akan mulai membuat orang-orang kesulitan menjalankan ritual agamanya.

Jangan heran kalau nanti perlahan mesjid-mesjid mulai diruntuhkan dan hal itu sudah mulai dari sekarang. Mesjid-mesjid tidak boleh pakai pengeras suara. Sholat Jumat dipersulit. Muslim akan semakin dijauhkan dari islam. Seperti di Turki ketika sekularisme mulai masuk ke pemerintahannya.

Biasanya orang-orang liberal dan sekuler mereka berusaha memunculkan prestasi duniawi dan mengesampingkan agama. Sehingga banyak masyarakat yang akhirnya berkesimpulan, gak penting berkerudung yang penting kerjanya bagus. Gak penting agamanya apa, yang penting prestasinya bagus. Hal ini tanpa terasa akan semakin memisahkan agama dari kehidupan.

Presiden Soekarno dengan tegas menggunakan pancasila untuk menjaga kerukunan agama di Indonesia. Dengan menomorsatukan sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Artinya Bangsa ini menomorsatukan agama diatas segalanya dengan jelas melalui Pancasila.

Jadi jika ada yang ingin menghilangkan kolom agama dalam KTP, maka sama saja dengan ingin menghilangkan sila pertama Pancasila. Dengan kata lain, sama saja dengan Merubah Pancasila. Dan dulu di awal kemerdekaan negeri ini, ada satu kaum yang ingin mengubah Pancasila tersebut.

Maka kita sebagai para pemuda, mari mulai kritis dan melihat lebih jeli akan keputusan-keputusan pemerintahan sekarang. Jangan sampai kita berdiam diri. Setidaknya kita awali dengan terus mendoakan pemerintahan sekarang agar diberikan hidayah oleh Allah agar setiap kebijakannya Allah bimbing.

Semoga Mental Pancasila kita tidak berevolusi ke Mental yang lain.



Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official | IG: edvanmkautsar
http://edvanmkautsar.com
Mengundang sebagai pembicara: 0812 9333 7663 / 0812 1040 2448
 
Artikel Motivasi Terbaru
Lihat artikel motivasi lainnya disini

Jumat, 14 November 2014

Artikel Manfaat Ilmu


Mintalah ilmu kepada Allah..

Karena dengan ilmu itu kita akan mendapatkan manfaat berikut,

1. Allah akan meninggikan derajat orang yang berilmu. Lihatlah, tidak ada orang berilmu yang derajatnya rendah, siapa berilmu, dia akan dihormati oleh orang sekitarnya. 


2. Orang yang berilmu akan mendapatkan seluruh kebaikan. Orang berilmu, pintar dan cerdas, akan selalu diberi pasokan rezeki, selama ilmu itu terus dibagikan.

3. Setiap ujian dan permasalahan menimpa semua orang, tapi hanya orang berilmu yang dapat menyelesaikan dengan baik.

4. Dengan ilmu, kita akan mendapatkan pahala (kebaikan) yang tak terputus. Saat ajal telah menjemput, kesempatan untuk memperbaiki semuanya sudah tertutup. Semua amal perbuatan dan pahala akan terputus, kecuali tiga hal. Salah satunya ilmu yang bermanfaat.

5. Dengan ilmu, kita bisa mewujudkan kehidupan dunia yang sejahtera dan kita akan tau mana yang benar dan mana yang salah.

6. Ilmu akan membuat seseorang jauh dari kesombongan dan selalu rendah hati. Karena tidak ada orang berilmu yang sombong kecuali dia memang tidak berilmu.

7. Dengan ilmu, hal yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin. Disaat burung bisa terbang dengan sayapnya, manusia bisa terbang dengan otaknya (ilmunya).

8. Uang (dunia) akan mengejar orang-orang yang berilmu.

Ya Allah, berikanlah kami ilmu yang bermanfaat, yang bisa kami bagikan kepada setiap orang yang kami jumpai dalam kehidupan. aamiin.


Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official | IG: edvanmkautsar
http://edvanmkautsar.com
Mengundang sebagai pembicara: 0812 9333 7663 / 0812 1040 2448


Artikel Motivasi Terbaru


Sharing Motivasi Karyawan Bank Mutiara Head Office Jakarta (Training Motivasi Perbankan oleh Motivator Muda Nasional)

edvan m kautsar, motivator muda, motivator indonesia, motivator top, inspirator, pengusaha muda, sukses muda, seminar motivasi, training motivasi, motivasi karyawan, training bank mutiara, trainer bank
Berfoto bersama Peserta In-House Sharing Motivasi bersama Edvan M Kautsar di Bank Mutiara Jakarta 
Motivator Muda Edvan M Kautsar memberikan sharing Motivasi di bank Mutiara Head Office Jakarta. Di acara kali ini Edvan berbagi kepada segenap jajaran direksi, manajemen dan staff Bank Mutiara. Edvan membawakan sharing Motivasi tentang bagaimana agar bisa bekerja dengan Bahagia meskipun sudah bertahun-tahun di tempat yang sama.

edvan m kautsar, motivator muda, motivator indonesia, motivator top, inspirator, pengusaha muda, sukses muda, seminar motivasi, training motivasi corporate, training bank, motivasi karyawan, trainer bank
Sharing Motivasi bersama Edvan M Kautsar di Bank Mutiara Head Office Jakarta
Para peserta sangat semangat dan antusias mengikuti acara yang dibawakan oleh Edvan M Kautsar ini. Berkali-kali peserta tertawa mendengarkan sharing dari Motivator Muda Edvan M Kautsar, tapi tidak sedikit peserta yang meneteskan air mata ketika mendengarkan Edvan M Kautsar memaknai kisah dan sharing yang dibawakannya.

Ibu Yenni selaku peserta mengatakan, saya sangat bersyukur hari ini bisa mengikuti acara bersama Mas Edvan, walaupun usianya seperti anak saya. Tapi kami para karyawan Bank Mutiara sangat terinspirasi dengan cerita yang dibawakannya. Dalam usia yang masih sangat muda, Edvan pernah mengalami berbagai kejadian dalam hidupnya dan hal itulah yang dia ceritakan kepada kami. Kami sangat tergugah dan terkesan dengan acara ini. Semoga Edvan bisa terus berbagi kebahagiaan kepada para karyawan di tempat lainnya. Sangat bermanfaat sekali. Kalimat Ibu Yenni ini langsung diaminkan oleh beberapa peserta lainnya.

Setelah itu para peserta berfoto bersama serta membeli buku dreams come true dan langsung ditanda tangani oleh Edvan M Kautsar selaku penulisnya.

Edvan menyampaikan, saya sangat senang saat Allah berikan kesempatan untuk berjumpa dengan bapak/ibu sekalian dan bisa memberikan kebahagiaan yang mudah-mudahan bisa terus menjadi motivasi bagi anda untuk bekerja dengan penuh keikhlasan dan ketulusan.

Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official | IG: edvanmkautsar
http://edvanmkautsar.com
Mengundang sebagai pembicara: 0812 9333 7663 / 0812 1040 2448


Artikel Motivasi Terbaru
Lihat artikel motivasi lainnya disini

Berita Training Motivasi

Minggu, 09 November 2014

Seminar Motivasi Entrepreneur Fair Universitas Budi Luhur (Motivator Mahasiswa dan Kampus Nasional)

edvan m kautsar, motivator muda, motivator indonesia, motivator top, inspirator, pengusaha muda, sukses muda, seminar motivasi, training motivasi
Edvan sedang bersiap memberikan seminar di Universitas Budi Luhur.
Edvan M Kautsar kembali di undang oleh Universitas Budi Luhur Jakarta, untuk memberikan seminar kewirausahaan (entrepreneurship) di ASTRI (Akademi Sekretaris). Acara ini diselenggarakan oleh HIMA ASTRI dan diikuti oleh sekitar 150 peserta serta lebih dari 10 dosen.

edvan m kautsar, motivator muda, motivator indonesia, motivator top, inspirator, pengusaha muda, sukses muda, seminar motivasi, training motivasi
Peserta sangat antusias dan senang mendapatkan Ilmu bermanfaat dari Motivator Muda Indonesia.

Peserta sangat antusias ketika diajak memahami apa itu passion dan apa yang harus dilakukan dengan passion itu. Kemudian Edvan mengajak para peserta untuk bermental wirausaha. Kerja itu boleh, tapi bukan untuk selamanya. Bekerjalah untuk mencari ilmu hingga bisa membuka lapangan pekerjaan, ujar Motivator Muda itu.


edvan m kautsar, motivator muda, motivator indonesia, motivator top, inspirator, pengusaha muda, sukses muda, seminar motivasi, training motivasi
Banyak peserta yang baru mengetahui passionnya hari itu
Para dosenpun ikut mendengarkan dengan seksama dan juga ikut bertanya disaat sesi tanya jawab. Acara ini bertujuan untuk membuka mindset mahasiswa ASTRI untuk bisa berwirausaha kedepannya dan kami bersyukur Kak Edvan bisa membuka wawasan teman-teman kami untuk memiliki impian besar sehingga bisa menjadi pengusaha walaupun saat ini kami ada di jurusan sekretaris, ujar panitia


edvan m kautsar, motivator muda, motivator indonesia, motivator top, inspirator, pengusaha muda, sukses muda, seminar motivasi, training motivasi
Di akhir, Edvan berfoto bersama para dosen, panitia dan para peserta. Edvan berharap, apapun bidang dan jurusannya, tetep harus berwirausaha. Karena bangsa ini membutuhkan banyak sekali pengusaha.

Edvan Muhammad Kautsar
Motivator | Entrepreneur | Author
Twitter: @EdvanMKautsar | FB: Edvan M Kautsar Official | IG: edvanmkautsar

http://edvanmkautsar.com


Mengundang sebagai pembicara: 0812 9333 7663 / 0812 1040 2448




Artikel Motivasi Terbaru
Lihat artikel motivasi lainnya disini

Berita Training Motivasi